Pj Gubernur Minta Pemkab Pastikan Pemetaan Daerah Rawan : Antisipasi Ancaman Peningkatkan Bencana

Pj Gubernur Minta Pemkab Pastikan Pemetaan Daerah Rawan : Antisipasi Ancaman Peningkatkan Bencana


KlikKarawang
- Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggelar Apel Kesiapsiagaan Dalam Rangka Menghadapi Bencana Alam, Jumat (8/11/2023). Kegiatan tersebut dipimpin langsung Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin.


Pada kesempatan itu, Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh S.E bersama Kapolres, Dandim 0604, Kajari dan Sekda mengikuti apel tersebut yang disiarkan live secara daring di Halaman Makodim 0604 Karawang, Jumat (8/12/2023) pagi.


Upacara juga diikuti oleh unsur unsur yang terlibat yakni melibatkan seluruh unsur terkait, antara lain Polres Karawang, Kodim 0604, BPBD, Satpol Pp,  Perangkat Daerah (PD) dan relawan masyarakat. 


Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin mengatakan, melalui apel kesiapsiagaan ini, pihaknya menekankan upaya semaksimal mungkin dalam melakukan mitigasi bencana yang berpotensi terjadi saat musim hujan.


Melalui apel kesiapsiagaan, Bey meminta sinergi antarperangkat daerah diperkuat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana, baik itu di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. 


"Kami minta semua siap siaga,” kata Bey.


Dijelaskannya, dalam upaya melakukan penanggulangan bencana perlu dilakukan beberapa hal. Di antaranya, melakukan pembangunan sistem pelayanan informasi rawan bencana.


"Itu diperlukan karena merupakan pelayanan informatif tentang bagian wilayah rawan bencana, difokuskan bagi masyarakat yang berpotensi pertama kali terpapar bencana," katanya.


"Pemkab atau Pemkot harus memastikan pemetaan daerahnya yang rawan bencana, untuk melakukan secara massif informasi bencana yang mudah dipahami masyarakat," ujarnya.


Bupati Aep menyambut baik pelaksanaan Apel Kesiapsiagaan Bencana ini, yang merupakan upaya mewujudkan sinergitas yang baik dari semua stakeholder kebencanaan yang terdiri dari unsur pemerintah bersama para pemangku kepentingan hingga masyarakat.