Ramdani, Bocah Penjual Peyek Bercita-Cita Menjadi TNI

Ramdani, Bocah Penjual Peyek Bercita-Cita Menjadi TNI


KlikKarawang
- Ramdani (10) tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya. Wajahnya terus menebar senyuman. Dirinya tau, jika pada hari ini, Jumat 10 November 2023, akan bertemu dengan Plt Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh SE dan Dandim 0604 Karawang, Letkol Inv Dede Kurniawan.


Bukan tanpa sebab ia bertemu dengan Plt Bupati dan Dandim. Ia adalah sosok bocah yang membuat banyak orang kagum, atas kegigihan, ketulusan dan kerja keras untuk membantu perekonomian keluarga. Setiap hari, Ramdani berjualan peyek dan telor gabus sepulangnya dari sekolah. 


Ramdani rela untuk meninggalkan waktu bermain. Padahal, di usianya yang baru 10 tahun, Ramdani seharusnya menikmati waktu bermain bersama temannya. Ramdani bercerita, hasil penjualan peyek digunakan untuk membantu orang tua dan bekal untuk sang adik. 


Putra ke-tujuh dari pasangan Endang dan Asiah ini memiliki cita-cita untuk menjadi TNI. Untuk itu, ia membulatkan tekad untuk tidak putus sekolah, seperti yang dialami kakaknya yang harus berhenti di tingkat SMP. "Saya sendiri yang mau berjualan. Tidak dipaksa. Buat ditabung," kata Ramdani kepada H Aep Syaepuloh SE, Plt Bupati Karawang di ruang Bupati.


Ramdani bercerita, ia biasa berjualan di sekitar Karawang Kota. Mulai dari stasiun, Ramdani berjalan kaki mengitari Stadion Singaperbangsa dan Gor Panatayudha, sambil menjinjing keranjang berisikan peyek dan menawarkannya ke setiap orang yang ditemuinya.


Penjualannya tidak menentu. Pernah dia harus pulang larut malam karena dagangannya tak habis. Meski demikian, Ramdani tidak pernah mengeluh. Rasa lelah hilang karena impiannya untuk bisa membahagiakan orang tua. 


Plt Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh SE mengaku kagum. Kerja keras Ramdani patut diapresiasi. Bersama Dandim, H Aep memberikan bantuan untuk pendidikan dan modal usaha orang tuanya. H Aep berpesan, agar Ramdani jangan patah semangat. 


"Insha Allah sampai SMA untuk pendidikannya akan dibantu. Tadi pak Dandim juga kagum. Karena itu kami undang datang ke kantor. Semoga kita semua bisa mencontoh Dani, di Hari Pahlawan ini, Dani adalah pahlawan bagi keluarganya," ungkap H Aep. (**)