Donor Darah PT Pupuk Kujang Terkumpul 196 Kantong Darah

Donor Darah PT Pupuk Kujang Terkumpul 196 Kantong Darah


KlikKarawang
- Memperingati hari ulang tahun ke-48, Pupuk Kujang menggelar berbagai kegiatan sosial, salah satunya adalah donor darah. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian karyawan dan jajaran direksi untuk menjaga stok darah di Kabupaten Karawang.

Dalam kegiatan itu, karyawan hingga jajaran direksi mendonorkan darah untuk kebutuhan masyarakat. Direktur Utama Pupuk Kujang, Maryadi turut mendonorkan darahnya. Hingga acara selesai, terkumpul darah sebanyak 196 kantung. 

“Pupuk Kujang berkoordinasi dengan PMI Karawang untuk kegiatan ini. Mudah-mudahan donor darah ini bisa menambah stok darah di Karawang sehingga bisa digunakan untuk masyarakat yang membutuhkan,” kata Andi Komara, VP Komunikasi Perusahaan, Senin (5/5/2023). 

Palang Merah Indonesia (PMI) Karawang mengapresiasi kegiatan donor darah Pupuk Kujang. Sebab, kegiatan tersebut sangat membantu PMI dalam upayanya menjaga stok darah. 

“Karena kita harus menjaga stok darah. Sebab, kebutuhan darah selalu ada setiap hari,” ujar Ade Iwan Darmawan, Humas PM Karawang. 

Menurut Ade, PMI terus berupaya menjaga stok darah di berbagai daerah. Tujuannya, supaya stok darah di berbagai daerah tetap terjaga. 

Ade menuturkan hingga saat ini, stok darah di Kabupaten Karawang saat ini mulai stabil, namun fluktuatif karena setiap hari PMI menyalurkan 60 hingga 80 labu darah ke setiap rumah sakit di Karawang. Adapun kebutuhan darah setiap bulan di Karawang mencapai 2.500 labu. 

Ade berharap kegiatan donor darah sebagai tradisi tahunan Pupuk Kujang bisa terus diselenggarakan. Sebab, ujar Ade, semakin banyak yang mendonorkan darahnya, PMI Karawang bisa surpus darah “Sehingga jika ada masyarakat yang membutuhkan, stok darah selalu tersedia,” kata Ade.   

“Kami mengucapkan terima kasih kepada karyawan dan jajaran direksi Pupuk Kujang yang secara sukarela telah mendonorkan darahnya. Antusias karyawan mengikuti kegiatan donor darah ini cukup tinggi, banyak karyawan yang berpartisipasi dalam kegiatan rutin perusahaan ini,” kata Ade.

Donor Darah merupakan salahsatu tradisi rutin Pupuk Kujang. Di ulang tahun ke 48 ini, Pupuk Kujang juga menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial lainnya.

Diantaranya, sunatan massal gratis hingga santunan kepada kepada ratusan anak yatim. Selain itu ada juga bantuan operasional untuk pemerintah desa di sekitar perusahaan. “Kegiatan sosial ini merupakan cara perusahaan berbagi kebahagiaan dengan masyarakat terdekat,” ujar Mulky Wahyudi, Ketua Panitia HUT ke-48 Pupuk Kujang. (rls/Yan)