2023, Pupuk Kujang Targetkan Tanam 2.000 Pohon

2023, Pupuk Kujang Targetkan Tanam 2.000 Pohon


KlikKarawang
- Pupuk Kujang terus melakukan berbagai progam yang bermanfaat untuk alam. Bertepatan dengan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2023 ini, Pupuk Kujang kembali melakukan penanaman pohon di Kabupaten Karawang.

Andika Kurniawan, VP K3LH Pupuk Kujang menuturkan, dalam kegiatan penanaman pohon tahun 2023 ini, perusahaan punya target menanam 2 ribu bibit pohon. Sebagian besar bibit pohon tersebut, didapatkan dari seluruh karyawan Pupuk Kujang melalui program Satu Karyawan Satu Pohon (Sakasapo) “Insan Pupuk Kujang rutin menyumbang pohon untuk melakukan penghijauan di berbagai tempat,” ujar Andika. 

Adapun dalam penanaman, ujar Andika, Pupuk Kujang kerap bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang.

“Hingga bulan Juni ini, kami upayakan menanam seribu pohon. Sebanyak 500 bibit pohon dikoordinir oleh DLHK dan berbagai kader lingkungan di Kabupaten Karawang, dan 500 bibit pohon lainnya akan ditanam di Kawasan Industri Kujang Cikampek,” ujar Andika usai melakukan penanaman pohon di kawasan wisata Grand Canyon, kaki pegunungan Sanggabuana, Desa Medalsari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, Rabu, 6 Juni 2023.

Bibit-bibit pohon tersebut, ujar Andika terdiri dari berbagai jenis pohon buah hingga beragam pohon kayu keras. mulai dari pohon durian, mahoni, tebuaya, kayu putih, bisoro, kelengkeng hingga pohon sawo dan huni. 

Di Desa Medalsari, Pangkalan misalnya DLHK dan masyarakat menanam 500 pohon yang terdiri dari 200 bibit tanaman keras untuk pelindung dan 300 bibit ranaman buah yang bisa dimanfaatkan masyarakat. "Berbagai jenis pohon ini akan menambah keanekaragaman pohon di kaki Pegunungan Sanggabuana dan sekitarnya," kata Andika. 

Mengapresiasi hal itu, Kepala Dinas DLHK Karawang, Wawan Setiawan Niti Kusumah mengapresiasi Pupuk Kujang atas sumbangan bibit pohon tersebut. “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pupuk Kujang yang telah menyumbangkan 500 pohon untuk penghijauan. Pohon-pohon ini siap kami tanam untuk lingkungan hidup yang lebih baik,” ujar Wawan.

Menurut Wawan, Pupuk Kujang adalah salah satu perusahaan yang konsisten dan terus mendukung pemulihan lingkungan hidup. “Pupuk Kujang selalu konsisten dan banyak berkontribusi di bidang pemulihan lingkungan. Selain itu, Pupuk Kujang juga selalu konsisten menyalurkan CSR di bidang lingkungan hidup,” kata Wawan usai acara peringatan hari lingkungan hidup sedunia. 

VP Komunikasi Pupuk Kujang, Andi Komara menuturkan, penanaman pohon adalah kegiatan rutin perusahaan setiap tahun. Untuk diketahui, sebagai perusahaan yang konsisten menjalankan prinsip bisnis berkelanjutan, Pupuk Kujang terus melakukan tiga orientasi penting yaitu profit, people dan planet. “Semangat bisnis Pupuk Kujang sejalan dengan kepedulian perusahaan kepada manusia dan lingkungan. Salah satu contoh kongkrit adalah terus melakukan penanaman pohon,” ujar Andi.

Dalam menjalankan operasinya, ujar Andi, Pupuk Kujang terus berkomitmen mendukung program industri bersih yang konsisten dianjurkan pemerintah. Selain menggunakan kendaraan listrik, Pupuk Kujang juga melakukan berbagai upaya transisi menuju energi terbarukan.

Diantaranya hijrah kelistrikan dan berbagai strategi pengurangan emisi dalam produksi di pabrik.“Pupuk Kujang terus berupaya mengurangi emisi karbon dalam setiap produksinya. Kita terus berupaya melakukan dekarbonisasi sekaligus partisipasi dalam menjaga ketahanan lingkungan di tengah perubahan iklim dan pemanasan global,” (rls/nof)