Timsel Bawaslu Jabar Gandeng Polda untuk Gelar Tes Psikologi

Timsel Bawaslu Jabar Gandeng Polda untuk Gelar Tes Psikologi


KlikKarawang
- Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Jawa Barat bekerjasama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat untuk melaksanakan tes psikologi bagi calon anggota Bawaslu Jawa Barat, periode 2023-2028. Tes diselenggarakan di Balai Sartika, Buah Batu, Bandung, Senin 8 Maret 2023.

Ketua Tim Seleksi, Rafih Sri Wulandari menyampaikan jika penunjukan Polda Jawa Barat sebagai penyelenggara tes psikologi, sejatinya adalah turunan kerjasama antara Bawaslu RI dengan Mabes Polri. 

“Jadi MoU nya antara Bawaslu RI dengan Mabes Polri. Kami di Jawa Barat tinggal mengkoordinasikan teknis penyelenggaraannya dan memastikan berjalannya acara dengan lancar,” kata Rafih.

Rafih menambahkan, penunjukan Polda Jawa Barat sebagai penyelenggara tes psikologi juga berkaitan dengan kerjasama yang terbangun sejak lama, serta kredibilitas dan pengalaman panjang Polda Jawa Barat dalam menyelenggarakan tes sejenis.

“Tentu kami ingin memastikan semua berjalan sebaik mungkin. Ini juga menyangkut kredibilitas dan pengalaman,” kata Rafih.

Tes Psikologi calon anggota Bawaslu Jawa Barat periode 2023-2028 dilaksanakan dengan waktu total hampir delapan jam. Dalam waktu tersebut 146 peserta yang hadir dikondisikan mengikuti serangkaian tes, dengan diawasi oleh petugas khusus dari Polda Jawa Barat.

Selain Tim seleksi, hadir juga melakukan pemantauan terhadap jalannya tes AKBP Widodo, selaku Ketua Tim Pelaksana dari Polda Jawa Barat dan AKBP Aryuni, Kepala Tim Asistensi dari Mabes Polri berserta seluruh jajaran.

Dari nilai gabungan antara tes tulis dan psikologi, akan terpilih 28 orang atau empat kali kebutuhan, dan akan diumumkan pada 12 Mei 2023.

Bagi peserta yang lolos tahap  ini selanjutnya akan dijadwalkan mengikuti tes Kesehatan pada 16-17 Mei 2023, dan Tes Wawancara 22-23 Mei 2023. (Rls)