28 Orang Calon Lolos Tes Tertulis Dan Psikologi Bawaslu Jabar

28 Orang Calon Lolos Tes Tertulis Dan Psikologi Bawaslu Jabar


KlikKarawang
- Tim seleksi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat mengumumkan 28 nama calon anggota yang lolos tes tertulis berbasis komputer (CAT) dan psikologi, serta berhak melaju ke tahap selanjutnya. Mereka yang lolos akan bersaing menuju 14 besar setelah melalui tahap tes kesehatan dan wawancara.

"Selamat untuk 28 nama yang berhasil lolos. Silahkan mempersiapkan diri untuk tes kesehatan pada 17 Mei 2023, dan Wawancara pada 22-23 Mei 2023," kata Ketua Tim Seleksi Bawaslu Jabar, Rafih Sri Wulandari, pada Jumat (12/5) malam.

Tes kesehatan akan diselenggarakan oleh Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polda Jawa Barat di Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung. 

"Pemeriksaan meliputi fisik umum, kesehatan jiwa, laboratorium, radiologi, dan rekam jantung," tambah Rafih.

Rafih menyampaikan jika tes kesehatan ini dimaksudkan agar para komisioner terpilih sehat jasmani dan rohani. Sehingga secara fisik prima dalam mengawal pemilu serentak yang akan berlangsung pada 2024 mendatang.

"Tantangan pemilu serentak tentu besar. Sehingga kami ingin siapkan calon yang tidak hanya memiliki pengetahuan, integritas, dan pengalaman. Tetapi juga memiliki fisik yang prima," tambah Rafih.

Sementara itu, tes wawancara akan menggali pengetahuan calon komisoner Bawaslu Jawa Barat mulai dari kemampuan komunikasi dan kerjasama tim, pengalaman dan pengetahuan kepemiluan, penguasaan strategi pengawasan pemilu, sistem politik, dan peraturan perundang-undangan, integritas diri, komitmen dan motivasi, kualitas kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi, pengetahuan muatan lokal, visi misi, serta ide gagasan kepengawasan pemilu. Selain itu pada kesempatan ini juga menjadi kesempatan tim seleksi untuk melakukan klarifikasi atas tanggapan dan masukan masyarakat.

Berikut 28 nama yang dinyatakan lolos tes tertulis berbasis komputer (CAT) dan psikologi:

Aan Hasanah, SH
H. Agus Asri Sabana, S.Ag., M.Si.
Ahmad Aziz Firdaus
Ahmad Hidayat
Asep Tandang Suparman
Cecep Rahmat Nugraha
Devi Siti Sihatul Afiah, S.Pd,I. M.Pd
Engkus Kusnadi
Fereddy
Drs. Harminus, M.I.Kom.
Dr. Dra. Hj. Ipa Hafsiah Yakin, S.E., M.Si
Iwan Yudiawan, S.Ag
Jajang Miftahudin
Jejen Supriadi, ST., M.Si.
Jusapuandy, S.IP.
Minkhatul Maula
Muamarullah
Nurul Sumarheni
Nuryamah
Samsul Maarif, S.Pd
Suhendar
Sutarno, SH., MH.
Syaiful Bachri
Syamsul Bahri Siregar
Tatang Sumarna, SH., MH.
Usep Agus Zawari
Yulianto
Zacky Muhammad Zam Zam (rls/Yan)