155 Calon Anggota Bawaslu Jabar Jalani Tes Tulis

155 Calon Anggota Bawaslu Jabar Jalani Tes Tulis


KlikKarawang
- 155 orang calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat mengikuti tes tulis, di Gedung Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kantor Regoinal III, di Jalan Surapati no 10 Bandung, Jumat 5 Mei 2023.

Dari 167 orang calon yang lolos seleksi administrasi, 155 orang hadir dan mengikuti tes tulis berbasis komputer (CAT).

"Ada 12 orang yang tidak hadir, dari 167 yang dinyatakan lolos administrasi. Semoga lahir calon-calon pimpinan Bawaslu Jabar yang berkualitas dari sini," kata Rafih Sri Wulandari, Ketua Tim Seleksi Bawaslu Jabar.

Tes tulis dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB, sementara sesi dua dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIB.

Hadir memberikan sambutan dan arahan, Pimpinan Bawaslu RI Loly Suhenti berpesan agar peserta melaksanakan tes tulis dengan rileks, fokus, dan optimal. Sehingga mampu menghasilkan nilai terbaik.

"Saya pernah di posisi Ibu Bapak. Jalani dengan rileks dan tetap fokus.  Ikuti sesuai pedoman. Insyalloh hasil tidak akan menghianati proses," kata Loly.

Ada satu peserta disabilitas netra yang juga mengikuti tahap seleksi tulis ini. Ia mengikuti tahap sesuai dengan peserta lain, namun mendapatkan pendampingan dari tim BKN.

"Kami memberi kesempatan yang salam bagi semua golongan, termasuk teman-teman disabilitas. Kami sesuaikan tes nya, diantaranya kami siapkan pendamping dadi BKN," imbuh Rafih.

Sementara Kepala Kantor Regional III BKN, Heri Susilowati, yang bertindak sebagai penyelenggara menyampaikan telah mempersiapkan tes ini dengan sebaiknya. Sehingga terlaksana seleksi yang transparan dan menghasilkan calon berkualitas.

"Terima kasih kerjasama dari Bawaslu RI, semoga pelayanan kami optimal, sehingga peserta dapat mengikuti tes dengan baik," kata Heri.

Selain dihadiri seluruh Tim Seleksi Bawaslu Jabar, hadir langsung meninjau jalannya tes tulis Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, yang sekaligus memberikan arahan untuk pelaksanaan tes tahap selanjutnya.

Peserta selanjutnya akan mengikuti tes psikologi yang diselenggarakan berkerjasama dengan Polda Jawa Barat, pada Senin 8 Mei 2023, di Gedung Balai Sartika, Buah Batu Bandung. (Rls/Yan)