DPRD Minta Pemkab Karawang Perbaiki Jalan Sebelum Musim Mudik

DPRD Minta Pemkab Karawang Perbaiki Jalan Sebelum Musim Mudik


KlikKarawang
- Komisi III DPRD Karawang mengingatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui dinas terkait agar memastikan jalur mudik aman dilintasi selambat-lambatnya H-7 Lebaran.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Karawang, Endang Sodikin mengatakan, jalur mudik baik jalur utama atau pun alternatif yang ada di Kabupaten Karawang harus dipastikan aman untuk dilalui sebelum H-7 Lebaran.

“Saya minta Pemkab Karawang melalui instansi terkait baik itu Dinas PUPR dan juga Dinas Perhubungan agar memastikan jalur mudik aman dan nyaman untuk dilalui sebelum H-7 Lebaran,” kata Kang HES, sapaan akrab Endang Sodikin, Rabu (5/4).

Ketua Fraksi Partai Gerindra ini menegaskan, jangan sampai ketika arus mudik tiba masih ada jalan berlubang dan menimbulkan kecelakaan bagi pengendara.

Pasalnya, Karawang merupakan jalur mudik utama dari DKI Jakarta ke sejumlah wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Akan ada jutaan kendaraan yang melintasi Karawang baik roda dua atau pun roda empat.

“Jalur utama atau pun alternatif akan digunakan oleh para pemudik, sehingga kondisi jalan juga harus dipastikan aman dan nyaman, jangan ada lubang atau pun jalan bergelombang yang dapat membahayakan pengendara,” tegas Kang HES.

Ia juga meminta agar Dinas Perhubungan melengkapi kebutuhan petunjuk jalan, khususnya di jalur-jalur alternatif agar pemudik tidak tersesat.

Selain itu, Penerangan Jalan Umum (PJU) pun harus dipastikan cukup untuk menerangi jalan, khususnya di jalur alternatif yang melintasi sejumlah tempat gelap.

“Jalur alternatif seperti Lamaran-Karasak, Kosambi-Curug atau pun Loji-Badami itu kan banyak totoang (jalan gelap), sehingga penerangan nya harus cukup agar pemudik nyaman saat melintas. Terus petunjuk jalan harus dilengkapi, karena tak jarang pemudik yang tersesat karena tidak tahu jalan,” tandasnya. (Nof)