Pengumuman! Penjaringan Bakal Calon Bawaslu Jawa Barat Segera Dimulai

Pengumuman! Penjaringan Bakal Calon Bawaslu Jawa Barat Segera Dimulai


KlikKarawang
- KARAWANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat mulai mendekati akhir masa tugasnya untuk periode 2018-2023.

Tim Seleksi (TimSel) Bawaslu Jawa Barat pun saat ini terus bergerak melakukan sosialisasi ke seluruh penjuru Jawa Barat agar informasi rekruitment komisioner Bawaslu untuk periode 2023-2028 bisa tersampaikan secara optimal kepada masyarakat. 

Ketua TimSel Bawaslu Jawa Barat, Rafih Sri Wulandari mengatakan, sesuai amanat undang undang dan di perkuat oleh instruksi Bawaslu RI, Sosialisasi akan terus kami lakukan, terhitung mulai tanggal 6 Maret - 14 Maret 2023.

"Sosialisasi ini tidak hanya untuk mengajak masyarakat untuk berperan aktif menjadi bagian Bawaslu namun juga sebagai bentuk transparansi dan pengawasan yang dapat dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat," ungkapnya. Senin (13/3/2023). 

Apalagi dalam instruksi Bawaslu RI dikatakan Rafih, ada 3 kelompok prioritas yang diharapkan turut berperan dalam menyukseskan pesta demokrasi. 

"Yang menjadi prioritas itu adalah ke pesertaan kelompok perempuan lebih dari 30 persen, kelompok disabilitas dan kelompok adat, sehingga pengawas pemilu yang nantinya lahir, bisa betul betul menjalankan tugasnya dengan optimal, untuk menyukseskan Pemilu yang berkualitas di Jawa Barat," lanjutnya. 

Ketika di singgung seperti apa tahapan yang akan dilakukan TimSel Bawaslu Jabar, dalam menjaring bakal calon Komisioner Bawaslu Jabar, Rafih menuturkan, pengumuman pendaftaran, penerimaan pendaftaran, perbaikan berkas dan berbagai tahapan lainnya akan dilakukan sesuai dengan Jadwal yang telah di tentukan. 

"Bagi masyarakat yang hendak mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Anggota Bawaslu Jawa Barat, bisa mendaftarkan diri melalui, timsel.bawaslujabar2023@gmail.com atau bisa melihat informasi lebih lengkapnya melalui bawaslu.go.id,"pungkas Ketua TimSel Bawaslu Jawa Barat, Rafih Sri Wulandari. 

Berikut jadwal penjaringan bakal calon Anggota Bawaslu Jabar. 

- Sosialisasi, 6-14 Maret 2023
- Pengumuman Pendaftaran Bakal Calon Anggota Bawaslu Jabat, 15-24 Maret 2023
- Penerimaan Pendaftaran, 28 Maret - 6 April 2023
- Penelitian dan Verifikasi Berkas, 18-20 April 2023
- Test Bakal Calon Anggota 4 Mei - 23 Mei 2023
-  Pengumuman Bakal Calon Anggota Terpilih, 20 Juni 2023
- Pelantikan Bakal Calon Anggota Terpilih, 25 Juni 2023. (rls/Yan)