Tahap Pertama, Pabrik Kabel Listrik Diresmikan

Tahap Pertama, Pabrik Kabel Listrik Diresmikan


KlikKarawang.com
- LS Cable & System mengumumkan telah menyelesaikan pembangunan Pabrik Kabel Listrik tahap pertama di Indonesia pada tanggal 26 Januari 2022 dengan nama PT. LSAG Cable Indonesia (LSAGI) yang telah di resmikan oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita.

Acara peresmian pabrik kabel tersebut juga dihadiri oleh Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia (Mr. Park Taesung), Menteri Investasi Republik Indonesia (Bapak Bahlil Lahdalia), Menteri ESDM Republik Indonesia (Bapak Arifin Tasrif), Menteri BUMN Republik Indonesia (Bapak Erick Tohir), Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, serta dihadiri oleh rekan bisnis baik dari dalam maupun luar negeri.

LS Cable & System memulai pembangunan pabrik pada bulan September 2020 di lokasi di Artha Industrial Hills Karawang Jawa Barat seluas 64.000m2.

Pada tahap awal ini, LSAGI akan memproduksi berbagai tipe kabel tegangan rendah (LV) baik untuk gedung (building wire), pembangunan pabrik, pembangkit dan juga overhead bare conductor untuk jaringan transmisi udara.

Termasuk HTLS/Low Sag Composite Core (LSCC) yang dapat meningkatkan kapasitas arus hampir dua kali lipat dari kabel ACSR, sehingga konsumen dalam hal ini PLN dapat meningkatkan kapasitas arus jaringan transmisi tanpa harus mengganti tower eksisting yang ada (untuk uprating dan rekonduktoring). Sehingga dapat mempercepat proses penyelesaian proyek dan dapat menghemat total biaya proyek.

Dalam beberapa waktu mendatang, perusahaan berencana akan menambah investasi untuk dapat memproduksi kabel tegangan Menengah dan kabel tegangan tinggi.

Indonesia merupakan pasar kabel terbesar di ASEAN, karena pembangunan infrastruktur dan kelistrikan diharapkan akan booming di masa mendatang. Perusahaan berharap pasar kabel akan segera pulih dengan cepat setelah masa pandemic Covid-19 ditambah dengan adanya pemindahan Ibukota negara dan juga masuknya beberapa investasi perusahaan Korea yang membangun pabrik nya di Indonesia.

Kim Hyun Woo, CEO PT. LSAG Cable Indonesia (LSAGI) mengatakan, dalam industri kabel, setiap negara akan memperkuat kebijakannya untuk melindungi pabrikan lokal di negaranya masing-masing. Oleh karena itu, LS Cable & System berupaya membangun dan memperkuat rantai pasokan untuk setiap pasar global melalui proses pembangunan pabrik yang berfokus kepada pasar yang sedang berkembang.

Disampaikannya, LSAGI merupakan perusahaan patungan/JV antara LS Cable & System Korea dan salah satu konglomerat di Indonesia, Artha Graha Network (AG Group).

LS Cable & System berencana untuk memperluas pasar di Indonesia dengan memanfaatkan pengalaman bisnis lokal AG Group dan jaringan penjualan di bank, hotel, dan konstruksi/resort.

“Dengan selesainya pembangunan pabrik kabel di Indonesia, LS Cable & System saat ini akan mengoperasikan total 30 pabrik di dalam dan luar negeri. Termasuk 12 pabrik di luar negeri diantaranya di Amerika, Polandia, Vietnam, India, Myanmar, Mesir, China dan Indonesia,” paparnya. (rls/yan)