Program Vaksinasik Di Karawang Targetkan 56 Ribu Orang

Program Vaksinasik Di Karawang Targetkan 56 Ribu Orang


KlikKarawang
  - BPBD Jawa Barat menargetkan sebanyak 56.000 orang atau 112.000 dosis vaksin khusus untuk Masyarakat Karawang yang ber-KTP dan berdomisili di Karawang. Vaksinasi massal tersebut digelar di Stadion Singaperbangsa Karawang melalui program Vaksinasik sejak 24 Juli 2021 hingga 20 Agustus 2021 untuk dosis pertama dan dosis kedua dilaksanakan pada 21 Agustus 2021 hingga 17 September 2021.


"Target harian kami adalah sebanyak 2.000 orang dan Alhamdulillah di beberapa hari terakhir target tersebut terpenuhi karena masyarakat semakin mengetahui adanya kegiatan vaksinasik ini," kata Fauzan Kemal Akbar, Perwakilan Penyelenggara sentra Vaksinasik Kabupaten Karawang, Kamis (5/8)

Kemal menjelaskan bahwa pihaknya melibatkan tim pengamanan gabungan TNI-POLRI dan panitia lokal bahkan relawan untuk mengurai kerumunan yang terjadi. "Kami telah bekerjasama dengan TNI-POLRI yang mengerahkan sejumlah personilnya, dibantu oleh tenaga Pramuka, PMI dan panitia lokal yang bertugas untuk itu. Meskipun sempat terjadi kerumunan, namun tim pengamanan dapat mengurai kerumunan tersebut kemudian," katanya.

Kemal tidak menampik adanya kerumunan masyarakat beberapa waktu lalu, namun dirinya menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena antusiasme masyarakat terhadap vaksinasi yang tidak dapat dibendung yang datang lebih awal sebelum pintu gerbang Stadion Singaperbangsa sebagai lokasi penyelenggaraan vaksinasi dibuka. "Itu terjadi pada saat pintu gerbang belum dibuka, namun setelah dibuka Alhamdulillah semuanya terkendali dan berjalan dengan baik, masyarakat dapat dengan tertib mengikuti petunjuk dari pelaksana dan menjaga protokol kehetanan," tandas Kemal.

Terkait kerumunan yang terjadi karena diakibatkan oleh pendaftaran peserta secara offline. Kemal yang juga sebagai Pengurus BPD HIPMI Jawa Barat menjelaskan bahwa, pada saat itu penyerapan vaksinasi pada pendaftaran online masih sangat minim, sehingga dibuka lah opsi untuk pendaftaran offline. "Karena alasan tersebut, kami buka pendaftaran secara offline dan sudah berkoordinasi dengan Satgas Covid - 19 Kabupaten Karawang," terangnya. (Nof)