Ratusan Warga Keracunan Akibat Kebocoran Gas PT Pindo Delli

Ratusan Warga Keracunan Akibat Kebocoran Gas PT Pindo Delli


KlikKarawang
  - Warga Desa Kutamekar Kecamatan Ciampel, Karawang mengalami keracunan gas diduga akibat bocornya gas Caustic Soda Plant PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II, Kamis (3/6).Warga yang mengeluhkan sesak nafas, pusing hingga mual akibat bocornya gas tersebut dilarikan ke Rumah Sakit, puskesmas dan klinik terdekat dengan menggunakan ambulance.


Rusmini, warga yang ikut jadi korban keracunan menjelaskan peristiwa keracunan massal yang menimpa warga Kutamekar ini bukan merupakan untuk pertama kalinya dialami mereka."Paling parah itu sekarang, bukan hanya Dusun Cigempol TB7 saja. Tapi hampir empat dusun semuanya terdampak menghirup udara yang terkontaminasi kebocoran gas coustic soda ini,"katanya 


Pada tahun 2017 dan 2018 silam, warga Kutamekar mengalami penderitaan yang sama akibat bocornya cerobong asap milik Pindo Deli 2 tersebut. Saat itu warga menghirup gas caustik soda bocoran dari pabrik Pindo Deli 2.


Warga sekitar yang merasa dirugikan akibat kebocoran gas tersebut mendatangi perusahaan dan meluapkan kekecewaannya. 


Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana pernah berjanji akan menerjunkan tim auditor independen ke PT Pindo Deli 2 untuk memeriksa instalasi yang terpasang di pabrik kertas itu.


Hasil audit nantinya akan dijadikan acuan Pemkab Karawang dalam memgambil sikap terhadap pabrik yang telah beberapa kali menimbulkan keracunan tersebut. (Yan)