Pertamina Gerak Cepat Tangani Kebocoran Pipa

Pertamina Gerak Cepat Tangani Kebocoran Pipa


KlikKarawang
– Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ)  memastikan langkah-langkah penanganan kebocoran pipa di sekitar area BZZA atau sekitar 15 mil dari bibir pantai Karawang, berjalan cepat dan intensif. Kebocoran terjadi pada tanggal 15 April 2021 sore hari.


"PHE ONWJ bergerak sigap dan telah menutup pipa untuk menghentikan aliran minyak  dan berhasil menangani kebocoran yang terjadi,"Hari Setyono Manager Communications Relations & CID PHE ONWJ, Selasa (20/4)


Diungkapkan nya, PHE ONWJ mengerahkan beberapa kapal untuk melakukan pembersihan sisa kebocoran minyak dan pengamanan serta perbaikan pipa di lokasi kejadian.


Selain itu melakukan pemantauan melalui laut dan udara mengikuti trajektori MOTUM (Model Tumpahan Minyak) termasuk fasilitas produksi PHE ONWJ dan area potensial lainnya untuk memastikan  kondisi aman dan terkendali.


"PHE ONWJ telah mempunyai tata kerja dalam mengatasi kejadian seperti ini, disamping patroli yang dilakukan secara rutin pada setiap  fasilitas aset yang ada, jadi tidak hanya saat kejadian saja. Pengecekan sudah merupakan standar prosedur operasi,"katanya


Lanjut Hari, PHE ONWJ dalam operasinya mengutamakan aspek keselamatan, kesehatan kerja  dan Lindungan lingkungan. “Kami juga melakukan komunikasi dan koordinasi intensif dengan SKK Migas, Ditjen Migas, DLHK Kabupaten Karawang,  serta pemangku kepentingan lainnya terkait penanganan sisa kebocoran minyak,"ujarnya

Selain itu pihaknya juga memastikan, PHE ONWJ melakukan upaya intensif dengan melibatkan seluruh sumber daya termasuk kolaborasi dari eksternal yang memiliki kapabilitas menangani hal ini untuk mengurangi dampak. (rls/nof)