Pertamina Berikan Kompensasi Final Kepada Warga Terdampak Tumpahan Minyak

Pertamina Berikan Kompensasi Final Kepada Warga Terdampak Tumpahan Minyak


KlikKarawang
-  Tim Pertamina Hulu Energi Offshore Nort West Java (PHE ONWJ) melakukan pembayaran kompensasi final ke ribuan warga terdampak tumpahan minyak YYA -1 untuk profesi nelayan, Poklahsar dan wisata bahari, Rabu, (31/3).


Sebanyak 10.379 orang yang sedang proses transfer sebagai penerima kompensasi final adalah profesi Nelayan sebanyak 7.095 orang, Wisata Bahari 1.146 dan Poklahsar sebanyak 2.138 dengan total pembayaran final untuk ketiga profesi ini sebesar Rp 72,16 Milyar. "Transfer dilakukan secara bertahap sesuai dengan kapasitas transfer disetiap bank,” kata Corporate Secretary PHE, Whisnu Bahriansyah


Whisnu menyampaikan pembayaran kompensasi dilakukan setelah melalui beberapa tahapan seperti uji petik dan verifikasi. Untuk mendapatkan informasi terkait keabsahan data warga penerima kompensasi bersama tim Kelompok Kerja (Pokja) Kabupaten Karawang  didampingi oleh Tim Ahli dari Institut Pertanian Bogor (PPLH IPB),  tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan ( BPKP) dan tim Kejaksaan Agung RI.


"Pararel dengan proses pembayaran tiga profesi tadi (nelayan, Poklahsar & wisata bahari) saat ini sedang dilakukan proses verifikasi bukti kepemilikan lahan bagi profesi budidaya atau tambak.  Pembayaran akan dilakukan setelah proses verifikasi selesai,"katanya


M Subangun, salah satu penerima kompensasi dari Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya mengatakan, pihaknya mengapresiasi pihak PHE yang telah menepati janji dengan membayar kompensasi kepada masyarakat terdampak. “Saya kan kemarin daftarnya di Poklahsar. Saya dapatnya Rp. 2,9 Juta,” jelasnya.



Hal yang sama juga dengan Ato Ketua Rukun Nelayan Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes yang juga menerima kompensasi pembayaran final. Dia mengaku yakin apa yang disampaikan oleh pihak PHE terkait pembayaran final akan dilakukan pada akhir bulan ini akan terealisasi. Hal itu terbukti dengan apa yang dia dapatkan hari ini. “Alhamdulillah dapat Rp. 10,8 Juta,” tegasnya. (Nof)