Personel Polres Karawang Jalani Tes Kesamaptaan Jasmani

Personel Polres Karawang Jalani Tes Kesamaptaan Jasmani


KlikKarawang
- Jajaran personel Kepolisian Resort (Polres) Karawang, menggelar pelaksanaan Test Kesamaptaan Jasmani dan Beladiri Polri Berkala Periode I Tahun 2021 di Stadion Singaperbangsa, Karawang, Rabu (24/03/2021) pagi.


Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra melalui Kabag Sumda Polres Karawang, Kompol Adi Fauzi menyampaikan, Test Kesamaptaan tersebut dilaksanakan secara berkala yakni per 6 bulan sekali dalam setiap tahunnya.


"Test ini dilakukan guna mengetahui kondisi fisik dan kesiap siagaan dari seluruh personel anggota polisi yang ada di Polres Karawang," ungkap Kompol Adi Fauzi kepada wartawan di sela-sela dirinya memantau pelaksanaan Test itu di Stadion Singaperbangsa, Rabu (24/03/2021).


Dikatakannya, test ini bukan hanya dilakukan oleh jajaran Polres Karawang saja, tapi dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. 


"Semua anggota Polri pasti di test setiap 6 bulan sekalinya guna mengecheck serta melihat kondisi fisik setiap anggota Polri," katanya.


Mekanisme test ini, sambung Adi Fauzi, di check berdasarkan usia dari setiap personel anggota kepolisian.


"Kalau usianya di atas 40 tahun, kita berikan porsi test yang berbeda. Jadi, untuk yang usianya 40 tahun ke bawah atau di bagi menjadi beberapa bagian berdasarkan usia-usia tiap personel, porsi test-nya pasti jelas berbeda," jelasnya.


Lanjut Adi Fauzi menyebutkan, untuk jenis Test Kesamaptaan Jasmani, terbagi menjadi 5 kategori. 


"Kategori pertama adalah lari. Personel berlari selama 12 menit, dan dilakukan dengan mengelilingi lintasan atletik yang berukuran standard (400 meter)," terangnya.


Kemudian selain lari, sambung Adi Fauzi lagi, ada Push-Up, Sit Up, Pull Up atau Chining, dan Shutle Run (lari membentuk angka 8, red)


"Kategori Pull Up ini diperuntukkan bagi anggota polisi laki-laki dengan cara bergantung pada pegangan tiang vertikal kemudian dilanjutkan dengan menarik badan ke atas sampai dagu melewati tiang dan kembali turun secara perlahan sampai tangan lurus," jelasnya.


"Sedangkan kategori Chining, diperuntukkan bagi anggota polisi wanita (Polwan) dengan cara berdiri di depan tiang mendatar. Kaki tetap menginjak tanah dan tangan memegang pegangan tiang lalu menggerakkan badan ke belakang kemudian tarik badan ke depan (posisi berdiri tegak)," jelasnya lagi.


Dikarenakan wabah pandemi Covid-19, kata Adi Fauzi, pelaksanaan test yang wajib diikuti oleh seluruh personel Polres Karawang, terbagi menjadi beberapa sesi bagian.


"Karena ada pandemi, jadi kita bagi-bagi waktunya. Pelaksanaan Test Kesamaptaan ini, dilaksanakan hingga hari Jum'at (26/03/2021)," ujarnya.


Sedangkan untuk Test Kesehatan anggota Polri, tambah Adi Fauzi, pelaksanaannya hampir sama dengan Test Kesamaptaan.


"Test Kesehatan juga sama, dilaksanakannya secara berkala yakni per 6 bulan sekali. Itu pelaksanaannya dilakukan di Mapolres Karawang dan pelaksanaannya sudah dilakukan kemarin," tambahnya.


Untuk diketahui bersama, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian kata Kesamaptaan berasal dari kata Samapta yang artinya siap siaga. Sedangkan dalam arti luas, Kesamaptaan berarti Kesiapsiagaan dalam segala kondisi. (Not).