Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Karawang Gelar Promo Hingga Vaksinasi Massal

Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Karawang Gelar Promo Hingga Vaksinasi Massal


KlikKarawang
- Air merupakan kebutuhan dasar manusia dan makhluk hidup yang paling utama dalam proses kehidupannya, Lebih dari 80 % tubuh kita terdiri dari air, dan air pula yang sangat dibutuhkan dalam proses hidup, tumbuh dan berkembangnya seluruh makhluk di alam ini. Seluruh dunia mengakui bahwa air sangat penting.

Tanggal 22 Maret dikenal sebagai sebagai Hari Air Sedunia (World Water Day) dimana seluruh negara memperingati hari air. Peringatan Hari Air Sedunia ke-29 tahun 2021 mengambil Tema Water Valuing atau Menghargai Air.


Menurut M.Sholeh sebagai Direktur Utama PDAM Tirta Tarum Karawang tema ini sangat tepat dengan kondisi saat ini dimana keberadaan air untuk mencukupi kebutuhan hidup dan proses kehidupan ini menjadi krisis jika tak dapat diantisipasi dengan baik.


Sifat air yang unik, dimana air sedikit menjadi masalah, dan air melimpah juga menjadi masalah, misalnya saat banjir dan bencana alam. Adanya perubahan iklim telah mengakibatkan keseimbangan siklus air terganggu, bahkan berdampak terhadap bencana banjir, kerusakan alam dan lingkungan. Senin (22/3/2021)


Salah satu dampak perubahan iklim ini adalah ketersediaan air baku bagi PDAM untuk memenuhi air bersih dan air minum bagi masyarakat. Peran Air dimasa pandemi covid-19 menjadi sangat vital, manakala media air sangat urgent bagi sanitasi tubuh, lingkungan maupun proses protokol kesehatan. Tak hanya cukup dengan memakai masker dan jaga jarak, tetapi juga mencuci tangan dengan air mengalir memakai sabun adalah bagian dari protocol kesehatan yang ampuh untuk menghindari penyebaran virus corona disease 19 (covid19), bahkan protokol kesehatan itu bertambah dengan menghindari kerumunan dan mobilitas,"tegas Sholeh


Sholeh mengatakan peringatan Hari Air Sedunia ke-29 kali ini terasa special bagi PDAM Tirta Tarum Karawang, selain dilaksanakan di tengah pandemi covid19, juga dilakukan bersamaan ditengah masa transformasi PDAM berubah status menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam). Dengan status baru sebagai Perum diharapkan Tirta Tarum semakin eksis dan mantap sebagai perusahaan publik bidang air bersih dan air minum di wilayah Kabupaten Karawang"tutur Sholeh


Sholeh menjelaskan dengan Tema Menghargai Air untuk kehidupan maka eksistensi air minum semakin dihargai sebagai hak atas air bagi seluruh masyarakat sebagaimana amanah Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33 ayat 3 yaitu “Bumi dan air dan kekayaan alam yg terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untk sebesar-besarnya kkemakmuran rakyat.


Dalam memperingati Hari Air sedunia PDAM Tirta Tarum Karawang melaksanakan beberapa kegiatan, meskipun sederhana tetapi cukup khidmad diantaranya adalah sebagai berikut : 


1. Sambungan Langganan Murah yang dikemas dalam Promo Seru Bayar Bertahap (PSBB) sejak bulan Februari-Maret 2021, program ini dipadukan dengan program Air Minum Perkotaan (AMK) Mandiri sebagai ganti dari program MBR


2. Kegiatan Vaksinasi massal seluruh pegawai PDAM yang berjumlah 259 pegawai beserta keluarganya


3. Apel akbar hari air sedunia tanggal 22 Maret 2021 di kantor


4. Penanaman pohon penghijauan di areal perkantoran yang meliputi areal 4 hektar


5. Bakti sosial dan santunan anak yatim, dhuafa dan lansia jompo yang dipadukan dengan acara HUT PDAM ke 34


6. Lomba foto, video dan kebersihan lingkungan kantor sesuai dengan tema hari air sedunia


7. Kampanye hari air sedunia melalui medsos dan kegiatan-kegiatan lain di lingkup PDAM/Perumdam Tirta Tarum

Tekad PDAM/Perumdam Tirta Tarum kedepan menjadikan areal PDAM yang nyaman, asri dan modern, tetapi juga berwawasan lingkungan, hijau dan lestari. 

"Hari Air Sedunia 2021.  Menghargai Air, menghargai lingkungan, menghargai kehidupan,"pungkasnya. (Nof)