Warga Terdampak Banjir Bangun Dapur Umum Swadaya

Warga Terdampak Banjir Bangun Dapur Umum Swadaya


KlikKarawang
- Warga di Perumahan Bumi Mutiara Indah (BMI) Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek, Karawang, secara swadaya membangun dapur umum guna memenuhi kebutuhan makan dan minum untuk warga yang terdampak banjir.


Tokoh masyarakat Cikampek sekaligus Yusup Nurwenda mengungkapkan banjir yang merendam pemukiman warga di Perumahan BMI sejak Sabtu (06/02/2021) malam Warga di perumahan itu langsung membangun serta mendirikan dapur umur dengan peralatan seadanya milik warga di sebuah taman yang tidak terimbas banjir.


“Dari pagi warga langsung sigap membangun dan mendirikan dapur umum secara gotong royong atau swadaya,” ungkap pria yang akrab disapa Lurah Uus kepada wartawan saat ditemui di dapur umum milik warga Perumahan BMI, Minggu (07/02/2021) sore.


Dijelaskannya, adapun kebutuhan sembako atau bahan baku di dapur umum guna menyiapkan kebutuhan makan dan minum untuk warganya di posko-posko pengungsian, berasal dari warga di Perumahan BMI yang terdampak banjir.


“Warga disini memang sudah sigap, mungkin karena warga disini sudah terbiasa menghadapi banjir langganan setiap tahunnya, jadi ketika bencana banjir ini tiba mereka sudah menyiapkan segala kebutuhannya untuk dapur umum,” jelasnya.


Diinformasikan juga, banjir yang hampir merendam ratusan pemukiman warga di Perumahan BMI Cikampek, membuat ribuan warga yang terdampak banjir mengungsi.


“Warga di perumahan ini, ada sekitar 7.000an jiwa, dan sekarang mereka mengungsi ke rumah sanak saudaranya serta mengungsi ke posko-posko pengungsian yang sudah tersedia dari berbagai kalangan instansi. Tapi ada yang juga bertahan di rumahnya, ya 1 atau 2 orang bertahan di rumahnya untuk menjaga barang berharganya,” terangnya.


Disinggung terkait adanya pernyataan dari Kepala BPBD Kabupaten Karawang, Yasin Nasrudin yang menyatakan bahwa pihaknya sudah mendirikan dapur umum dan menyiapkan segala kebutuhan warga terdampak banjir, ditambah dengan pernyataan dari Camat Cikampek, Syueb Sulaeman yang menyebut adanya bantuan dari Bupati Karawang seperti bantuan sembako untuk kebutuhan di dapur umum, Uus enggan berkomentar banyak terkait itu.


Sebab menurutnya, kata Lurah Uus, dalam pengamatan dirinya di lokasi banjir Perumahan BMI, baru berdiri satu dapur umum yang didirikan oleh warga terdampak banjir di perumahan tersebut.


“Soal dapur umum yang didirikan sama pihak BPBD Karawang, baru mau didirikan di dekat dapur umum milik warga. Sampai sore ini, soal bantuan sembako atau kebutuhan makanan yang datang ke dapur umum milik warga, baru dari masyarakat sekitar serta sejumlah instansi non pemerintahan,” tegas Uus.


Diakuinya, adapun bantuan sembako yang diterimanya ada dari Kodim 0604 Karawang serta Polres Karawang yang menyerahkan bantuan sembako untuk kebutuhan makan dan minum warga terdampak banjir di Perumahan BMI Cikampek.


“Kalau dari TNI dan Polri memang ada, itu diserahkan langsung sama Pak Dandim 0604 Karawang dan Pak Kapolres Karawang ke dapur umum milik warga saat keduanya meninjau lokasi banjir disini,” pungkasnya. (Nof)