Longsor Timbun Area Wisata Curug Cigentis

Longsor Timbun Area Wisata Curug Cigentis


KlikKarawang
- Untuk kedua kalinya tanah longsor terjadi di area wisata Curug Cigentis, Kampung Sirnaruju, Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Longsor terjadi pada Senin (15/2/2021) sekitar pukul 16.30 WIB. 


Camat Tegalwaru Mahpudin mengungkapkan tanah longsor tersebut dipastikan tidak memakan jiwa. Sebelumnya, longsor pernah terjadi pada tanggal 9 Februari 2021 dan menutup area yang sama. 


Mahpudin mengatakan, longsor tersebut merupakan yang kedua kali di lokasi yang sama di milik tanah Perum Perhutani Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Cigunungsari, Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Pangkalan, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Purwakarta yang dijadikan kawasan wisata Curug Cigentis.


Mahpudin menjelaskan, tanah yang longsor seluas 15 meter dan lebar 10 meter. Longsoran tanah menutup akses jalan menuju Curug Cigentis sepanjang 20 meter. 


"Kerugian materil belum kita hitung," katanya, Selasa (16/2/2021).


Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, disiagakan petugas jaga dari Perhutani satu orang dan mitra lima orang di gerbang tiket wisata Curug Cigentis. Penjagaan dilakukan ntuk menghalau warga beranjak ke lokasi. (yan)