PT Pupuk Kujang Pastikan Stok Untuk Musim Tanam Aman

PT Pupuk Kujang Pastikan Stok Untuk Musim Tanam Aman


KlikKarawang
- PT Pupuk Kujang sebagai salah satu anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) memastikan stok pupuk bersubsidi di berbagai wilayah penyaluran cukup tersedia dan aman dalam menghadapi musim tanam.

Yuni Setyaningrum Direktur Keuangan & Umum PT Pupuk Kujang mengatakan telah menyiapkan stok pupuk bersubsidi sebesar 85.372 ton untuk wilayah Jawa Barat.


"Stok pupuk bersubsidi yang disiapkan diantaranya urea subsidi sebanyak 60.271 ton, NPK Subsidi sebanyak 18.426 ton dan Organik subsidi sebanyak 6.675 ton. Jumlah tersebut mencukupi dari ketentuan minimum yang ditetapkan pemerintah, jadi stok sangat optimum," ujarnya


Adapun  alokasi pupuk bersubsidi wilayah Jawa Barat tahun 2021 sebanyak 964.429 ton/ tahun, terdiri dari urea subsidi sebesar 633.630 ton/ tahun, NPK subsidi sebesar 205.750 ton/tahun dan organic subsidi sebesar 437.672 ton/tahun


Jangkauan Pemasaran & Distribusi Pupuk Kujang selalu pastikan jaringan pemasaran yang ada di setiap wilayah tanggung jawab perusahaan melakukan pengawasan agar tepat sasaran, dan kuota pupuk hanya bagi kelompok tani yang terdaftar dalam e-RDKK dan untuk wilayah tertentu, sudah memiliki Kartu Tani dan pembelian harus dilakukan di kios-kios resmi.


Guna mengantisipasi kebutuhan petani yang tidak tercantum dalam E-RDKK dan tidak memperoleh alokasi pupuk bersubsidi, Yuni juga mengimbau kepada  distributor agar selalu menyiapkan stok pupuk non subsidi jenis Urea, NPK dan Organik di setiap kios.


Yuni juga mengatakan, kunci utama dari produktivitas pertanian itu antara lain varietas yang unggul, pupuk berkualitas dan budidaya yang baik. "Pupuk Kujang sebagai solusi andal agribisnis kehadirannya sangat penting dalam mendukung pemerintah untuk optimalisasi hasil pertanian dengan melakukan pendampingan secara menyeluruh " tutupnya. (rls/nof)