Target DPRD Karawang Selesaikan 11 Perda

Target DPRD Karawang Selesaikan 11 Perda


KlikKarawang
- DPRD Kabupaten Karawang menargetkan pembuatan Perda sebanyak 31 pada tahun 2020. Namun target tersebut tidak mungkin tercapai pada tahun ini akibat pandemi COVID-19.

"Sampai September ini, baru tujuh raperda (rancangan perda) yang telah dipansuskan," kata Pendi, Ketua DPRD Karawang.


Pendi mengungkapkan, kemungkinan besar target itu tidak tercapai karena kondisi pandemi COVID-19 sehingga targetnya dikurangi menjadi 11 Raperda. Menurut dia, target 11 perda hingga akhir tahun ini menjadi target realistis karena kondisinya di tengah pandemi COVID-19.


"Pada awal tahun 2020, Pemkab Karawang mengusulkan 23 raperda ke DPRD termasuk di dalamnya Raperda APBD Tahun 2021,"katanya


Sedangkan pada awal tahun lalu, DPRD Karawang sepakat menyelesaikan dua perda setiap satu komisi. Targetnya sampai akhir tahun nanti Karawang sudah punya 31 perda baru.


"Tapi di luar prediksi, muncul wabah virus corona. Kegiatan kami menjadi terbatas dan tidak bisa membuat Pansus. Ditambah lagi ada recofusing senilai Rp10 miliar. Jadi targetnya terpaksa dikurang," kata dia.


Dikatakannya, salah satu poin yang menjadi penghambat pembuatan raperda adalah studi banding.


"Kita komparasi dan melihat ke daerah lain yang sudah ada perda tersebut. Kalau studi banding ke luar provinsi, sudah tidak mungkin karena kondisi COVID-19," katanya. (yan)