Komisi III Soroti Masalah Sampah Di Karawang

Komisi III Soroti Masalah Sampah Di Karawang


KlikKarawang - Keberadaan sampah yang tak bisa terbendung lagi ditengah masyarakat harus bisa diatasi secara mendasar. Pengelolaan sampah yang bernilai ekonomis bisa dipilah dari setiap rumah tangga dan berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalupang.

"Solusinya sampah ya harus mulai dari kesadaran setiap individu, setidaknya dimulai dari setiap rumah tangga, jadi tidak harus selalu dibebankan ke dinas," ungkap Ketua komisi III DPRD Karawang Endang Sodikin, Kamis (11/6).

Menurut dia, sebagai mitra pemerintah, DPRD juga mengetahui beban yang dialami Dinas Lingkungan Hidup (DLHK)Karawang, dimana anggaran dan alat operasional yang kurang mendukung yang menjadi kendala seharusnya bisa diringankan.

"Sampah jika terus dibebankan harus diangkut semua ke TPA pasti kurang maksimal, sampah setiap hari bertambah dari laporan DLHK, tapi alat dan lainnya itu masih kurang," ujarnya.

Maka solusi yang tepat untuk mengurangi beban sampah ke TPA bisa dimulai dari diri sendiri.

"Sampah itu bisa menghasilkan karena ada yang punya nilai ekonomis. Itu bisa dilakukan siapa saja, mari kita bantu dan bergotong royong atasi sampah di kota ini," pungkasnya. (yan)