22 Desa Di Karawang Krisis Air Bersih

22 Desa Di Karawang Krisis Air Bersih



KlikKarawang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang mencatat 22 desa di kabupaten Karawang dilanda krisis air bersih pada musim kemarau tahun ini.

"Ada 22 desa yang terdampak kekeringan tersebar di delapan kecamatan," kata Sekretaris BPBD Karawang, Supriatna, Selasa (8/10/2019).

Menurutnya puluhan desa tersebut di antaranya tersebar di Kecamatan Pangkalan, Tegalwaru, Ciampel, Telukjambe Barat, Tirtajaya, Kutawaluya, Cilebar dan Kecamatan Pakisjaya. Daerah terdampak kekeringan terparah ialah desa-desa di Kecamatan Pangkaan dan Tegalwaru yang merupakan daerah pegunungan.

Ia mengatakan bahwa untuk memastikan tidak adanya desa yang terdampak kekeringan luput dari droping air bersih. Pihaknya, masih terus melakukan pendataan.
"Selama musim kemarau ini, hampir setiap hari kita mendistribusikan air bersih ke daerah yang dilanda krisis air bersih," katanya.

Ia menyampaikan, berdasarkan prakiraan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Karawang bagian selatan yakni Kecamatan Pangkaan dan Tegalwaru, sudah melewati puncak kemarau pada Juli. 

Musim kemarau diperkirakan akan berakhir pada Desember 2019 atau Januari 2020.
Sesuai dengan catatan BPBD Karawang, warga yang terdampak kekeringan tersebut mencapai 35.747 keluarga. Selain itu, kemarau juga mengakibatkan 422 hektare sawah mengalami kekeringan.