Tiga Pegawai Disdukcapil Karawang Kena OTT Tim Saber Pungli

Tiga Pegawai Disdukcapil Karawang Kena OTT Tim Saber Pungli


KlikKarawang - Tim Saber Pungli melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di kantor Disdukcapil Karawang, Rabu (14/11/2018).  Dalam operasi tersebut petugas mengamankan tiga orang pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang.  

"Kita melakukan OTT, dan ada tiga orang yang ditangkap. Mereka diduga terlibat dalam praktik pungutan liar pembuatan administrasi kependudukan seperti KTP, KK, dan Akta Kelahiran," kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya. 

Dari tiga orang yang diciduk, dua di antaranya berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan satu orang lainnya pegawai honorer.  OTT Kasus Pungutan Liar ini dilakukan oleh Tim Saber Pungli yang terdiri dari jajaran Polres dan Kejaksaan Negeri Karawang. 

Mereka yang ditangkap bertugas pada pelayanan pembuatan administrasi kependudukan di kantor Disdukcapil Karawang. 

Ia mengatakan, dari hasil pemeriksaan tim mendapat keterangan rangkaian peristiwa pungli tersebut. Ada berperan sebagai pengepul, dan ada yang berperan sebagai calo.

Di antara barang bukti yang disita dalam OTT itu ialah uang jutaan rupiah, buku rekap data pemohon pembuatan administrasi kependudukan, serta dokumen kepengurusan pembuatan administrasi kependudukan. (ian)