Mengintip Usaha Jeniper, Mitra Binaan PT Pupuk Kujang

Mengintip Usaha Jeniper, Mitra Binaan PT Pupuk Kujang


KlikKarawang -  Salah satu mitra binaan PT Pupuk Kujang berkembang pesat menjalankan roda usahanya. Jeruk Nipis Peras (Jeniper)  "Kencana" Kuningan, yang berlokasi di Dusun Wage,  Ciawigebang,  Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan  telah berhasil memasarkan hasil produksinya hingga ke sejumlah provinsi di Indonesia. 

"Sudah sampai ke Jawa Tengah,  Sulawesi dan Bali,"kata Nunung Nurhayati,  Pendiri Jeruk Nipis Peras Kencana,  Jumat  (2/11/2018). 

Nunung yang merintis usahanya sejak 1 Oktober 1996 ini mengaku telah piawai memenuhi kebutuhan produksi setiap hari. Sejauh ini dirinya tidak kesulitan untuk mendapatkan bahan baku jeruk nipis sebanyak 3 ton untuk setiap bulan."Untuk kebutuhan bagaimana, pasaran 3 ton perbulan jeruk nipis, "ujarnya 

Untuk mendapatkan bahan baku,  Nunung harus memesannya dari Medan,  Palembang, Aceh dan Indramayu. Produksi jeruk nipis Kencana yang dikemas dalam botol ini menurutnya mempunyai khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

"Kita sudah kerjasama dengan UGM dan Brawijaya untuk khasiatnya, ada sekitar 60 penyakit  yang bisa disembuhkan dengan konsumsi jeruk nipis ini,  yang jelas untuk menurunkan kolesterol, darah tinggi dan lambung,"ujarnya 

Saat ini, usaha yang dijalankan Nunung terus berkembang dan telah mempunyai 24 karyawan. Sedangkan untuk omset setiap bulannya sekitar Rp. 70 juta. 

Manager Komunikasi PT Pupuk Kujang Cikampek Ade Cahya  Kurniawan mengatakan,  hingga Oktober 2018 PT Pupuk Kujang telah  memiliki 116 Mitra Binaan di Jawa Barat. Usaha jeruk nipis peras Kencana merupakan salah satu mitra binaan PT Pupuk Kujang. "Mitra binaan diberikan bantuan pinjaman modal sesuai proposal yang diajukan oleh calon mitra binaan," katanya.(nof)