Limbah Medis Dibuang Di Hutan Mangrove Pesisir Karawang

Limbah Medis Dibuang Di Hutan Mangrove Pesisir Karawang


KlikKarawang -  Limbah medis yang diperkirakan mencapai ratuan kilogram ditemukan di kawasan hutan mangrove wilayah pesisir utara Kabupaten Karawang dalam kantong plastik berwarna kuning. Ratusan limbah rumah sakit yang diduga mengandung bahan beracun dan berbahaya (B3) ditemukan 

"Tumpukan limbah medis itu diketahui pada Minggu pagi saat saya akan beraktivitas ke pantai," katan Endang, salah seorang warga Desa Pusakajaya, Kecamatan Cilebar. 

Ia mengaku kaget kalau tumpukan kantong plastik tersebut berisi limbah medis yang diduga mengandung B3. 

Warga di wilayah pesisir utara Karawang mengetahui kalau itu limbah medis, karena dalam tumpukan limbah itu terdapat bungkusan plastik bertuliskan Rumah Sakit Budi Asih dengan alamat Cibarusah, Cikarang Selatan, Bekasi.

Limbah medis yang ditemukan di kawasan hutan mangrove itu di antaranya alat medis seperti alat suntik yang masih lengkap dengan jarumnya serta botol-botol obat dan juga bekas vaksin.

"Kami bersama warga lainnya sudah melaporkan penemuan limbah medis ini ke pihak berwenang, baik ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang maupun ke Polres Karawang," kata dia. 

Dikonfirmasi mengenai temuan limbah medis di kawasan hutan mangrove, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang Wawan Setiawan mengaku sudah mendapatkan laporan terkait temuan limbah medis tersebut. 

"Kita akan menelusuri dan akan dikejar sampai ke sumber-nya. Mereka harus tanggung jawab agar tidak mengulangi perbuatannya," katanya saat dihubungi Antara di Karawang.

Wawan juga mengaku telah berkoordinasi dengan Polres Karawang untuk mengusut pembuangan limbah medis tersebut.

Hal itu dilakukan karena dalam ketentuannya, limbah medis itu harus dimusnahkan dan tidak boleh dibuang sembarangan.