Perjuangan Warga Karawang Mendapatkan Air Bersih

Perjuangan Warga Karawang Mendapatkan Air Bersih

KlikKarawang -  Sejak dua bulan terakhir warga di sejumlah wilayah mengalami kesulitan air bersih. Seperti dialami warga Desa Cigunungsari, Kecamatan Tegalwaru, Karawang setiap pagi dan petang puluhan warga mengambil air di sebuah kubangan yang airnya keruh bercampur lumpur.

"Sudah hampir dua bulan kondisinya begini. Air ini kita gunakan untuk mandi dan mencuci. Tapi kami kasi tawas dulu biar tidak keruh," kata salah seorang warga, Itoh, Minggu (19/8/2018)

Mereka tidak punya pilihan lain, setelah sumur mereka mengering sejak beberapa bulan terakhir karena kemarau.

Dia mengatakan mereka terpaksa menggunakan air kubangan yang warnanya keruh, bau, bercampur lumut untuk minum. Pasalnya, air bersih hanya bisa mereka peroleh dengan membeli dari warga yang memiliki mobil pengakut air dan bak penampungan. Air bersih yang mereka beli itu, hanya digunakan untuk minum.

Untuk mendapatkan air, warga juga terpaksa harus berjalan kaki sejauh dua kilometer sambil menjinjing ember.

"Sudah biasa kita begini setiap tahun. Jadi sudah tidak dirasa capeknya. Ya dari pada kita beli air, kan otomatis keluar uang lagi. Kalau bisa dikerjakan kenapa harus membeli," jelas Itoh.

Warga berharap ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Karawang. "Bantuan belum ada. Nggak tahu kenapa pemerintah tidak pernah turun tangan kalau warga susah begini mah," keluh Itoh. (nan)