Masyarakat Desa Hutan Telukjambe Segera Nikmati Listrik

Masyarakat Desa Hutan Telukjambe Segera Nikmati Listrik


KlikKarawang - Wakil Bupati Kabupaten Karawang Ahmad Zamakhsary melakukan kunjungan kerja ke Kampung Kalihurip Desa Sirnabaya Kecamatan Telukjambe Timur,  Kamis (30/8/2018). 

Wakil Bupati didampingi Camat Telukjambe Timur,  Kepala Desa Sirnabaya,  Pengelola KIIC dan PLN Karawang berdialog denga  warga yang belum menikmati listrik. Dalam hal ini Waki Bupati menjadi penyambung antara warga dengan PLN mengingat lahan yang ditempati masyarakat merupakan milik negara. 

"Warga saat ini menempati tanah negara artinya tidak memiliki hak tanah atas nama pribadi, "katanya dalam dialog. 

Pria yang akrab disapa Jimmy ini mengungkapkan dalam hal ini pemerintah tidak ingin menjadi konflik dikemudian hari. Sehingga harus dibuat kesepakatan sebelum penyambungan listrik."Saat pemda dan PLN akan memberikan aliran listrik apakah diizinkan oleh perhutani?.  Saya ingin kepala keluarga membuat surat pernyataan kesepakatan dengan perhutani dan disaksikan oleh pemda,"ujarnya 

Akhirnya, pemerintah Camat dan Desa serta PLN bersedia melakukan penyambungan listrik ke rumah warga dengan dibuat kesepakatan. Setiap kepala keluarga membuat pernyataan bahwa lahan yang ditempati merupakan tanah negara. "Sehingga saat tanah ini ingin dipakai negara kepala keluarga tidak dapat menggugat.  PLN sudah siap tinggal nunggu legalitas saja jadi tidak ada sengketa dikemudian hari," katanya 

Ence,  salah seorang dari pihak Perhutani mengungkapkan menyetujui penyambungan listrik bagi 128 Kepala Keluarga yang ada di dalam hutan Telukjambe.  Karena selama ini hanya sebagian kecil warga di hutan yang menikmati listrik. "Perhutani hanya pengelola, ini tanah negara. Nanti dibuat berita acara bersama-sama antara warga dengan negara, tuturnya.