Bus Diuji, Sopir Diperiksa

Bus Diuji, Sopir Diperiksa

KlikKarawang -  Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang melakukan uji kelaikan angkutan kendaraan mudik di terminal Klari,  Karawang Jumat (8/6/2018). Pengujian dilakukan untuk memastikan kendaraan yang akan digunakan mudik Lebaran 2018 dalam kondisi baik dan layak jalan. 

"Sebenarnya pengujian sudah dilakukan sejak beberapa lalu di setiap perusahaan.  Kita uji laik jalan agar bus-bus Lebaran harus memenuhi persyaratan kelayakan jalan,"kata Rochman,  Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang. 

Rochman mengatakan, uji kelaikan yang dilakukan meliputi persyaratan teknis dari kaca, wiper,  lampu dan ban. Selain itu,  pihaknya juga melakukan cek dari administrasi kendaraan seperti pemeriksaan STNK dan buku uji. 

"Kalau tidak layak kendaraan tersebut dilarang berangkat dan dikembalikan ke PO.  Selanjutnya agar memperbaiki kerusakan kendaraan tersebut.  Setelah diperbaiki akan dicek kembali apakah bus tersebut layak jalan atau tidak. "imbuhnya 

Selain itu,  sebanyak 40 sopir angkutan lebaran di Terminal Klari juga mendapatkan pemeriksaan urine. Hal itu dilakukan untuk memastikan sopir angkutan Lebaran bebaa dari penggunaan obat-obatan terlarang dan narkoba.