Polres Karawang Siapkan Pengamanan May Day

Polres Karawang Siapkan Pengamanan May Day

KlikKarawang - Jajaran Polres Karawang telah menyiapkan pengamanan terkait aksi massa memperingati Hari Buruh Internasional atau Mayday. Polres Karawang akan menerjunkan sekitar 1.200 personel gabungan Polres Karawang, Polda Jawa Barat dan TNI. Kapolres Karawang AKBP Hendy F Kurniawan mengatakan  ada enam elemen besar serikat buruh di Karawang. 

"Saya pribadi mengimbau kepada rekan-rekan buruh, sahabat saya, aksi Mayday kita jadikan funday. Kita ke Jakarta bukan untuk aksi. Dan, kami polisi imbau kalau ada aksi anarkis, provokasi menjauh. Kami dari Polres Karawang komitmen untuk kawal,"katanya, Rabu (18/4/2018) 

Menurutnya, sebagian besar akan memperingati Mayday di Karawang, sebagian lagi akan turun ke Jakarta. "Karawang ada enam elemen besar serikat buruh termasuk FPMI, KSBI, itu ada. Jauh hari kami sudah rutin komunikasi berkunjung ke kantor buruh dan sebagainya. Menjelang Mayday, jajaran Polres Karawang selain komunikasi, kami juga lakukan operasi kegiatan di Karawang. Misalnya tumpengan bareng, acara hiburan dan sebagainya. Nah bagi rekan-rekan yang melakukan aksinya di Jakarta atau Bandung kita kawal mulai berangkat sampai pulang untuk menjaga hal yang tidak diinginkan," jelasnya.

"Kalau dari surat (pemberitahuan) di atas 5 ribu sampai 6 ribu massa. Tapi hari terakhir kami komunikasi, kami ajak kegiatan di Karawang agar tidak bergabung di Jakarta. Hari ini, itu total 1.500 (massa) yang pasti berangkat ke Jakarta. Lainnya, melaksanakan acara di Polres dan Pemda di Karawang. Intinya adalah Mayday funday bukan harus aksi dan sebagainya," tambahnya.

Ia menjelaskan, 1.500 massa akan menumpang bus dari Karawang menuju ke Jakarta. "Kami kasih bantuan pengawalan. Intinya mereka berlibur dari Karawang ke Jakarta, bukan aksi. Mereka ke Jakarta H-1 dari Karawang," katanya.