Kekurangan Pegawai, Karawang Butuh Tambahan 500 PNS

Kekurangan Pegawai, Karawang Butuh Tambahan 500 PNS

KlikKarawang - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menyatakan butuh tambahan 500 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan pemerintah kabupaten Karawang.  

”Setelah dihitung menurut Analisisi Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK), kekurangan PNS mencapai lebih dari 6 ribu. Namun sampai saat ini BKPSDM Karawang masih menunggu berapa kuota untuk bisa penambahan PNS,” ungkap Kepala BKPSDM Kabupaten Karawang Asep Aang Rahmatullah, Selasa (6/3/2018).

Aang menjelaskan, pihaknya sudah mengusulkan ke pemerintah pusat melalui e-formasi. Aplikasi yang dibuat oleh tim IT dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, itu untuk menyusun formasi CPNS.

”Kita masih menunggu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk kuota CPNS. Saat ini belum ada informasi lagi, predikasi kita paling hanya 400 sampai 500 orang saja tahun ini. Akan tetapi kembali lagi nanti dari kewenangan pemerintah pusatnya seperti apa,” ujarnya.

Secara teknis, kata Aang, pelamar yang sudah menjadi honorer harus kembali daftar, agar bisa bersaing dengan pelamar lain. Sedangkan untuk seleksi sekarang dibagi jadi dua, yaitu uji kompetisi dasar dan kompetisi umum.

”Saya ingatkan saat ini semuanya telah berdasarkan elektronik, jadi tidak bisa main-main. Makanya saya sangat sesalkan dengan munculunya oknum-oknum yang menjanjikan, padahal itu sudah tidak bisa dan sangat-sangat mustahil dilakukan. Karena proses sekarang kaitan dengan e-formasi dilakuikan secara online,” ujarnya.