Gaduh Rolling Hills, Pemkab Tidak Tegas Terhadap Pengusaha

Gaduh Rolling Hills, Pemkab Tidak Tegas Terhadap Pengusaha

Ketua Umum Laskar NKRI, H. ME Suparno  

KlikKarawang - Ketua Umum Laskar NKRI, H. ME Suparno  ikut angkat bicara soal gaduh pembangunan perumahan elite Rolling Hills yang disinyalir belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Menurutnya, dari dulu Pemkab Karawang selalu terlihat lemah saat berhadapan dengan investor ataupun pengusaha besar. Sehingga merupakan hal wajar jika di kemudian hari banyak investor nakal yang melakukan pembangunan tanpa mengurus proses izin terlebih dahulu.

"Jika memang benar belum ada IMB, Rolling Hills akan kembali menjadi sebuah presenden buruk jika kebijakan pemda selama ini selalu lemah ketika berhadapan dengan pengusaha besar. Dari dulu sampai sekarang masih tetap seperti ini. Pemkab tidak pernah bisa tegas terhadap pengusaha nakal," tutur H. ME Suparno, Rabu (22/7/2020).

Selain persoalan disinyalir belum ada IMB, pria yang akrab disapa Wa Parno juga mempertanyakan, apakah pembangunan Rolling Hills sudah sesuai RTRW atau belum. Karena sepengetahuannya, beberapa lokasi Rolling Hills diduga tidak masuk dalam zona perumahan, melainkan zona industri.

"Ya kita sudah cek ke lokasi langsung. Makanya juga akan kita pertanyakan apakah Rolling Hills ini masuk RTRW atau tidak," timpal Wa Parno, yang juga merupakan Ketua Aliansi LSM-Ormas Kabupaten Karawang.

Atas persoalan ini, Wa Parno juga mengaku akan mempertanyakan proses izin Rolling Hills ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karawang.

"Kita sedang pantau dulu perkembangannya seperti apa. Sebagai fungsi kontrol sosial, nanti baru kita kirim surat resmi ke Lingkungan Hidup maupun dinas perizinan,"katanya. (rls/yan)