Ratusan Hektare Sawah Di Karawang Terendam Banjir

Ratusan Hektare Sawah Di Karawang Terendam Banjir


KlikKarawang - 876 hektare areal sawah di Kabupaten Karawang terendam banjir. Dinas Pertanian Kabupaten Karawang menyatakan ratusan sawah yang terendam banjir itu tersebar di sejumlah kecamatan.

Areal persawahan itu sendiri terendam banjir akibat tingginya curah hujan yang disusul dengan meluapnya sungai di Karawang.

Selain merendam sawah, banjir juga merendam ribuan rumah warga dan sejumlah fasilitas pendidikan.

Yuyu mengatakan seluas 876 hektare sawah yang terendam banjir di antaranya di Kecamatan Karawang Barat, Telukjambe Barat, Tirtamulya, Rawamerta dan Kecamatan Pakisjaya.

"Sampai saat ini, petugas di lapangan masih melakukan pendataan terkait areal sawah yang terendam banjir," kata kata Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Padi dan Palawija Dinas Pertanian Karawang.

Kepala Dinas Pertanian Karawang Hanafi mengatakan, para petani yang areal sawahnya terendam banjir kemungkinan tidak akan mendapat bantuan pemerintah. Karena tidak dialokasikan dalam APBD Karawang.

"Kalau dari APBD, sepertinya tidak ada (bantuan). Tapi biasanya kita mengajukan bantuan ke Kementerian Pertanian," kata dia.

Bagi petani yang sawahnya terendam dan sudah masuk dalam program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), tentunya bisa mengklaim dengan biaya penggantian Rp6 juta per hektare.