Deklarasi Poros Juang Belum Bicara Kandidat

Deklarasi Poros Juang Belum Bicara Kandidat

Rabu, 29 Januari 2020



KlikKarawang - Parpol PDI Perjuangan, PAN, PPP, PBB dan Hanura yang tergabung dalam Poros Juang menggelar deklarasi dan penandatanganan komitmen Pilkada Karawang 2020, di Hotel SwissBelinn Karawang, Selasa (28/1/2020) malam.
Di lokasi, terpantau tidak ada satupun kandidat Balonbup atau BalonWabup di luar Poros Juang yang hadir. 

Pasalnya, deklarasi ini digelar hanya untuk menyamakan persepsi gabungan parpol (belum sampai berbicara siapa Balonbup atau BalonWabup yang akan diusung).
"Hari ini kita tidak berbicara siapa calon bupati atau wakil bupatinya. Tapi kita akan membangun komitmen untuk menghilangkan kebiasaan lama. Tapi yang pasti Poros Juang dibangun bukan atas dasar egoisme. 
Apalagi ini dibangun bukan dalam waktu singkat," papar Ketua DPC PDI Perjuangan Karawang, Taufik Ismail, dalam orasi politiknya.

Untuk diketahui, Poros Juang merupakan gabungan parpol yang memiliki total 11 kursi. Bekal awal gabungan parpol ini bisa dikatakan koalisi kuat. Karena dengan bekal 11 kursi, Poros Juang sudah memiliki bekal sebagai syarat mendaftarkan kandidat Cabup dan Cawabupnya nanti ke KPU. Namun sayangnya, sampai hari ini Poros Juang belum memiliki kandidat Balonbup-Balon Wabup yang pasti.

"Mohon maaf, Poros juang malam ini baru lahir kesepakatan. Ke depan baru kita akan berbicara usungan calon. Tapi kita tegaskan Poros Juang harus menjadi pemenang," timpal Ketua DPC PPP Karawang, Hj. Lina Sugiharti, dalam orasi politik yang disampaikannya.

Adapun mengenai siapa sebenarnya kandidat Balonbup-Balon Wabup yang akan diusung Poros Juang, Ketua DPD PAN Karawang, Bambang Maryono menjelaskan, bisa saja nanti Poros Juang mengusung nama-nama kandidat yang sudah beredar di masyarakat. Semisal Cellica Nurrachadiana (Ketua DPC Demokrat Karawang), H. Ahmad Zamakhsyari (Ketua DPC PKB Karawang), atau nama kandidat lain yang sudah mendaftar di Partai Gerindra.

Atau bahkan ditegaskan Bambang Maryono, nama di internal Poros Juang sendiri seperti Taufik Ismail dan Hj. Lina Sugiharti yang sebelumnya sudah mendeklarasikan diri sebagai Balonbup.

"Prinsipnya putra-putri terbaik pasti kita pertimbangkan, tentunya tidak mengesampingkan potensi di internal Poros Juang. Malam ini kita tidak mendiklair orangnya dulu. Tapi ingin memastikan kendaraaanya dulu. Kapan deklarasi orangnya?. Juni kan masih lama (pendaftaran ke KPU). Jadi santai aja," kata Bambang Maryono.

Sementara Ketua DPC Hanura Karawang, Ardiansyah menambahkan, setelah deklarasi ini, maka target dua minggu ke depan masing-masing parpol di dalam Poros Juang sudah harus mengampaikan ke DPP. "Setelah ini dua minggu ke depan masing-masing parpol harus sudah laporan ke DPP," pungkasnya. (red)