Klik

Progres Proyek PLTGU Jawa 1 Cilamaya Capai 45 Persen


KlikKarawang - Pelaksanaan kontruksi Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa 1 yang ditargetkan rampung 2021 telah mencapai 45 persen per 25 Nopember 2019. Ditargetkan, Proyek strategis nasional ini akan selesai pada Desember 2021.

Indra Trigha PLT Dirut Jawa 1 mengatakan pelaksanaan proyek ini berjalan sesuai waktu dan target. Bahkan dalam pelaksanaannya, proyek tersebut telah rampung membangun Jetty (pelabuhan khusus). "Kami menggunakan Jetty pertama kali yang telah kami buat untuk pembangkit listrik di Cilamaya,"katanya di acara IPP Jawa - 1 Jetty Inauguration and First Shipment of Main Equipment HRSG Unit, Jumat (6/12/2019).

Dalam kesempatan itu Indra menyampaikan 19 persen pelaksanaan proyek Jawa 1 menggunakan komponen dalam negeri. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan penggunaan komponen produksi lokal."Selama produksi kita mencari peluang- peluang produk dari dalam negeri. Untuk kualitas harus memenuhi sesuai spek,"ujarnya

Awalnya, kata Indra, sejumlah komponen yang digunakan biasanya didatangkan dari luar negeri seperti Korea dan China. Namun saat ini diprioritaskan komponen yang digunakan berasal dari dalam negeri

"Kita memakai katup falp, steel, pipa air, pipa gas dari dalam negeri, falp dan kontrol falp, medium sweat gear,"katanya.

Sejauh ini, lanjut Indra, tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan proyek yang mempekerjakan sekitar 1200 warga lokal tersebut. Jika sesuai rencana, pemasangan turbin akan dilakukan pada sekitar bulan Juli 2020."Sejauh ini tidak ada kendala, hanya kalau hujan saja akan  mempengaruhi progres menjadi agak lambat,"katanya. (nof)

Tidak ada komentar