Klik

Alat Berat Milik Dinas PUPR Karawang Kurang Diminati Kontraktor


KlikKarawang - Kontraktor atau rekanan masih enggan menggunakan alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang. Hal itu dikarenakan kondisi alat berat yang ada saat ini sudah berusia tua dan kurang layak pakai.

"Jangankan dari luar Karawang, kontraktor lokal juga jarang menggunakan alat berat dinas,"kata Samsul Hidayat Kepala UPTD Peralatan dan Perbengkelan Alat Berat Dinas PUPR Karawang.

Samsul mengatakan, padahal jika dilihat dari jumlah komposisi pekerjaan di dinas PUPR Karawang jumlahnya terbilang cukup banyak. Namun minat kontraktor untuk menggunakan jasa alat berat milik dinas masih minim.

"Kalau dilihat komposisi pekerjaan di dinas ada ribuan,"ujarnya

Samsul mengungkapkan, ada sejumlah faktor selain kurang layaknya alat berat milik Dinas PUPR Karawang. Diantaranya para kontraktor telah memiliki alat berat sendiri dan belum adanya sertifikat izin operator untuk para operator mesin alat berat di Dinas PUPR Karawang.

"Sekarang SDM kita tidak mempunyai SIO, surat izin layak operasi. Total operator ada 45 tidak mempunyai SIO,"katanya

Saat ini, ini alat berat yang berjumlah 45 unit sudah berusia di atas 10 tahun dan perlu banyak perbaikan. Alokasi anggaran Rp. 480 juta untuk pemeliharaan alat tidak cukup untuk memperbaiki semua alat berat yang ada.(Ian)

Tidak ada komentar