Klik

Oknum Karang Taruna Di Karawang Bubarkan Aktivitas Tes Kerja


KlikKarawang - Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsary mendatangi kantor Disnakertrans Karawang Jumat (18/10/2019). Kedatangan Wakil Bupati setelah dirinya mendapat laporan adanya oknum pengurus Karang Taruna Desa Wadas Kecamatan Teluk Jambe Timur berusaha membubarkan aktivitas tes rekrutmen tenaga kerja di kantor Disnakertrans untuk PT Fujita.

Atas kejadian ini, Kang Jimmy mengaku sangat menyesalkan aksi oknum Karang Taruna yang seperti itu. Padahal menurutnya, jika ada warga Wadas yang ingin bekerja masuk perusahaan, maka tetap harus mengikuti tahapan yang dilakukan Disnakertrans. Terlebih saat ini, aturan main rekrutmen tenaga kerja sudah satu pintu di Disnakertrans.

“Kita ini sama-sama berjuang tenaga kerja untuk Karawang. Yang harus dipahami, kalau Karawang itu bukan hanya Desa Wadas. Bagaimana dengan orang Cilebar, Tempuran, Pakisjaya, Dengklok, Tanjungpura, Telagasari, jadi semuanya itu Karawang,” tutur Kang Jimmy, di hadapan pencaker dan beberapa pejabat Disnakertrans.

“Jadi kalau ada orang Wadas yang mau diakomodir, pasti kita akomodir. Tidak dengan cara-cara premanisme berkedok Karang Taruna. Mereka semua orang Karawang semua kok. Tingali weh bahasa na kang. Beda kalau orang luar ber-KTP Karawang dengan orang yang lahir di Karawang, beda ngomong na ge,” timpal Kang Jimmy.

Disinggung terkait sikap Karang Taruna seperti ini yang seharusnya berkoordinasi dengan Dinas Sosial sebagai leading sektor di atasnya, Kang Jimmy terlihat langsung naik pitam.

“Karang Taruna sendiri sekarang sedang pasea. Sekarang pengurus Karang Taruna gimana sok. Sedang tidak kondusif kan. Atau jangan-jangan lapak usahanya si oknum Karang Taruna terganggu. Sudah-lah terbuka, semua orang sudah tahu kok. Saya akui di Disnaker ada oknum, Karang Taruna juga sama banyak oknum,” tegas Kang Jimmy.

Kembali disinggung langkah atau upaya apa yang akan dilakukan Pemkab Karawang untuk menyelesaikan persoalan oknum tenaga kerja ini, Kang Jimmy langsung menjawab singkat pertanyaan wartawan dengan kata “ketegasan”.

“Ketegasan. Saya minta Pak Hadi (Pejabat Disnaker), kalau ada tes kayak gini kasih tahu saya, saya nongkrong di sini. Di layanan ku uing mah,” kata Kang Jimmy, yang langsung disambut teriakan dari pencaker ‘betul pak betul’.

“Pak abdi orang Karawang, ieu kunaon dibubarkeun. Itu kata merek. Kan mereka orang Karawang juga,” tandas Kang Jimmy sambil menirukan teriakan para pencaker, yang kemudian disambut lagi dengan teriakan pencaker ‘hidup kang jimmy hidup’.

“Udah gak ada hidup-hidupan di sini, ntar gua disangka kampanye lagi,” pungkas Kang Jimmy. (yan)

Tidak ada komentar