Klik

BPJS Kesehatan Sosialisasi Mobile JKN Kepada Ketua RT dan RW Di Karawang


KlikKarawang - BPJS Kesehatan Cabang Karawang terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat di Kabupaten Karawang dengan memberikan sosialisasi seputar Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) langsung kepada masyarakat, salah satunya dengan mengumpulkan Ketua RT dan RW di Kelurahan Adiarsa.

Sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk menyamakan pemahaman bersama antara BPJS Kesehatan dengan pemimpin-pemimpin satuan terkecil warga Kabupaten Karawang tersebut.

Adapun beberapa materi yang disampaikan kepada peserta tersebut yaitu seputar penggunaan aplikasi Mobile JKN. Fitur yang ada dalam aplikasi Mobile JKN tentunya sangat membantu peserta JKN-KIS utamanya warga Adiarsa karena tidak perlu datang dan mengantri ke Kantor BPJS Kesehatan untuk keperluan pendaftaran sebagai peserta JKN-KIS, perubahan data serta perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Sosialisasi ini disambut dengan sangat antusias oleh seluruh peserta terlihat dari banyaknya peserta yang turut berpartisipasi dalam diskusi.

“Sosialisasi ini tentunya sangat bermanfaat bagi kami. Saya sebagai Ketua RT merasa sangat terbantu melalui sosialisasi ini. Dengan begini kan saya jadi bisa memberikan informasi yang benar-benar valid kepada warga saya karena saya mendapatkan informasi langsung dari pihak BPJS Kesehatan. Sebelumnya banyak warga yang bertanya seputar Program JKN-KIS kepada saya, kini saya sudah dapat menerangkan kepada mereka sedikit demi sedikit, Alhamdulillah banyak informasi baru yang saya dapatkan,” kata Cecep, salah seorang ketua RT yang hadir.

Cecep menambahkan, menurutnya sosialisasi seperti ini harus sering dilakukan agar masyarakat langsung dapat terinfo hal-hal seputar Program JKN-KIS. Keberadaan Kader JKN-KIS pada setiap Desa juga dirasa perlu untuk mengedukasi masyarakat yang belum tahu soal Program JKN-KIS.

Di sisi lain, Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Karawang Ega Indriati, menyampaikan bahwa sosialisasi ini merupakan langkah untuk mencapai Universal Health Coverage di Kabupaten Karawang.

“Sosialisasi ke seluruh RT dan RW ini diselenggarakan sebagai upaya BPJS Kesehatan untuk memberikan informasi tentang Program JKN-KIS kepada seluruh lapisan masyarakat terutama bagi masyarakat yang belum mendaftar JKN-KIS agar segera mendaftar menjadi peserta JKN-KIS sebagai salah satu bentuk kepatuhan warga kepada negara selain tentunya sebagai perlindungan ketika sakit dan bentuk kepedulian terhadap sesama warga negara (gotong royong),” ungkapnya pada saat memberikan sosialisasi. (rls)

Tidak ada komentar