Ratusan Petugas Disebar Periksa Kesehatan Hewan Kurban Di Karawang

Ratusan Petugas Disebar Periksa Kesehatan Hewan Kurban Di Karawang

Rabu, 07 Agustus 2019


KlikKarawang - Ratusan petugas kesehatan hewan disebar untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban di Karawang menjelang Hari Raya Idul Adha 2019. Para petugas kesehatan bertugas mendatangi lapak-lapak penjualan hewan kurban untuk memeriksa hewan kurban sehingga hewan yang dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha benar-benar sehat.

"Ada 297 petugas kesehatan hewan kurban yang akan turun ke lapangan," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang Hanafi.

Hewan kurban yang sehat, sesuai dengan hasil pemeriksaan, itu akan diberi label sehat sebagai tanda kalau hewan kurban tersebut kondisinya sehat dan cukup umur.

"Kami menyiapkan 15 ribu label sehat," kata dia.

Sementara itu pada tahun lalu pihaknya juga menurunkan ratusan tenaga kesehatan hewan. Total hewan kurban yang diperiksa menjelang Idul Adha tahun lalu mencapai 16.627 ekor.

Hanafi memperkirakan total hewan kurban jenis domba, sapi, kambing dan kerbau yang dijual pada tahun ini akan meningkat sekitar 10 persen.

"Kami mengimbau para pedagang hewan kurban menjual hewan yang sehat dan layak serta memenuhi syarat untuk dikurbankan pada Idul Adha," katanya