Tim Ahli Pertamina Diterjunkan Tangani Pencemaran Di Pantai Utara Karawang

Tim Ahli Pertamina Diterjunkan Tangani Pencemaran Di Pantai Utara Karawang


PHE ONWJ langsung mengaktifkan Incident Management Team (IMT) untuk menanggulangi
kejadian di anjungan laut Jawa.

KlikKarawang -  Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) menyatakan kondisi telah terkendali setelah terjadi well kick pada sumur (re-aktivasi) YYA-1 yang menyebabkan munculnya gelembung di sekitar YYA Platform  sekitar 2 km dari lepas pantai Utara Jawa.

PHE ONWJ langsung mengaktifkan Incident Management Team (IMT) untuk menanggulangi kejadian tersebut. “Kami terus melakukan upaya terbaik untuk penanganan di lokasi dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan. Kami terus berkordinasi dengan pihak terkait seperti SKK Migas, Ditjen  Migas, KLHK, KKKS serta pihak lainnya,”kata VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, Selasa (23/7/2019).

Dikatakannya, PHE ONWJ juga telah melakukan sterilisasi untuk pengamanan di sekitar lokasi kejadian dengan  menggunakan Kapal Patroli Keamanan. PHE ONWJ berkoordinasi dengan SKK Migas, Ditjen Migas dan instansi terkait dalam  penanganan insiden tersebut, hingga saat ini kami laporkan kondisi terkendali.

Pertamina terus mengerahkan sumber daya terbaiknya untuk penanganan peristiway terjadi di sekitar anjungan Lepas Pantai YYA-1 area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (ONWJ).

Setelah sebelumnya mengirimkan tim tanggap darurat, pengerahan tim penanggulangan dilanjutkan dengan pengerahan sebanyak 7 tim ahli yang berasal dari berbagai sektor.

"Tim-tim tersebut dilengkapi dengan lebih dari 20 kapal dan berbagai peralatan yang mendukung seperti oil boom dan puluhan drum dispersant,"katanya

Lokasi anjungan terletak sekitar 2 km dari pantai Utara Jawa, Karawang, Jawa Barat. PHE ONWJ telah mengaktifkan Incident Management Team (IMT) untuk menanggulangi kejadian tersebut.

Prioritas utama yang juga telah dilakukan adalah memastikan keselamatan karyawan yang bekerja sebagai bagian dari team emergency response, masyarakat dan lingkungan sekitar, dan memastikan isolasi serta pengamanan di sekitar lokasi kejadian.

Pertamina terus melakukan upaya maksimal untuk penanganan peristiwa ini meskipun skala
lapangan YY jauh lebih kecil dibandingkan lapangan dimana insiden pernah terjadi di tempat
lain seperti di lapangan Macondo, Gulf of Mexico. (rls/nof)