11 Hektare Sawah Di Karawang Alami Kekeringan

11 Hektare Sawah Di Karawang Alami Kekeringan

Senin, 29 Juli 2019



KlikKarawang - 11 ribu hektare sawah yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Karawang terkena dampak musim kemarau atau kekurangan air. Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, menyatakan sesuai dengan pendataan dan laporan di lapangan, areal sawah yang kini sudah mengalami kekurangan air luasnya mencapai 11.732,25 hektare, tersebar di 12 kecamatan sekitar Karawang.

"Kalau kekeringan, belum ada sawah yang kekeringan. Yang ada, sawah kekurangan air," kata Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Karawang Wawan Kuswandi.

Di antaranya areal sawah di Kecamatan Majalaya, Kutawaluya, Telagasari, Ciampel, Cilamaya kulon, Batujaya, Pangkalan, dan sawah yang tersebar di Kecamatan Cilebar.

Areal sawah di Kecamatan Pedes, Tempuran, Cilamaya Wetan, serta di Kecamatan Telukjambe Barat pada musim kemarau tahun ini sudah terkena dampak, yakni kekurangan air.

Wawan mengatakan untuk mengantisipasi, perlu dilakukan perbaikan irigasi dan pompanisasi. Pemanfaatan pompa bisa dilakukan dengan mencari sumber air di lapangan.

Pihaknya juga mengimbau agar para petani di Karawang tidak menanam komoditi yang terlalu banyak membutuhkan air."Jadi jangan terlalu memaksakan untuk menanam padi. Kalau air sulit, lebih baik tanam palawija," katanya.