Program "Karawang Mengaji" Dilanjutkan, Anggarannya Capai Rp. 919 Juta

Program "Karawang Mengaji" Dilanjutkan, Anggarannya Capai Rp. 919 Juta

Jumat, 03 Mei 2019


KlikKarawang - Pada tahun ini pemerintah Kabupaten Karawang akan melanjutkan kegiatan "Karawang Mengaji".

Pemerintah Kabupaten Karawang mengalokasikan anggaran sekitar Rp919 juta untuk melanjutkan kegiatan "Karawang Mengaji" di sejumlah daerah sekitar Karawang selama setahun 2019 ini.

Kasubag Bina Keagamaan Bagian Kesra Setda Karawang Mohamad Zaelani mengatakan, program "Karawang Mengaji" sebelumnya sudah digelar sejak beberapa tahun terakhir.

Kegiatan "Karawang Mengaji" yang digelar secara bergantian di wilayah perdesaan hingga perkotaan sekitar Karawang. Di antara tujuan kegiatan itu ialah menjalin silahturahmi antara pemimpin, masyarakat, aparatur sipil negara dan para ulama.

Anggaran sekitar Rp919 juta itu dialokasikan untuk mencakup kegiatan "Karawang Mengaji" di 10 titik sekitar Karawang di sepanjang tahun 2019.

Tapi untuk kegiatan Karawang Mengaji tahun ini ada perbedaan. Kalau pada tahun-tahun sebelumnya hanya digelar pengajian, pada tahun ini, sebelum digelar pengajian, digelar terlebih dahulu berbagai jenis lomba seperti lomba kaligrafi, lomba adzan, dan lain-lain.

Hadiah dari lomba-lomba itu tidak disediakan oleh Pemkab Karawang, tapi disediakan pihak swasta atau pihak ketiga yang memasang stan di area Karawang Mengaji.

Zaelani mengakui adanya sponsor untuk kegiatan Karawang Mengaji. Tapi keberadaan sponsor di area kegiatan Karawang Mengaji tidak dipungut biaya.

"Mereka yang buat stan sendiri melalui Event Organizer (EO) untuk memeriahkan. Tidak ada sewa stand," katanya.

Meski keberadaan pihak ketiga itu disebut gratis, tapi pihak ketiga yang memasang stand di area kegiatan Karawang Mengaji dituntut untuk berpartisipasi dengan cara memfasilitasi dan mendukung kegiatan Karawang Mengaji seperti menyediakan hadiah dan mensupport kegiatan lomba-lomba sebelum digelarnya Karawang Mengaji. (yan)