PDIP Kehilangan Jatah Kursi Ketua DPRD Karawang

PDIP Kehilangan Jatah Kursi Ketua DPRD Karawang



KlikKarawang - Dari hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang, pada Pemilu Legislatif tahun ini, PDIP hanya mengantongi enam kursi dengan perolehan 160.148 suara.

PDIP kehilangan tiga kursi DPRD Kabupaten Karawang untuk periode 2019-2023 dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Sedangkan periode sebelumnya, PDIP meraih sembilan kursi DPRD Karawang. Jadi ada tiga kursi yang hilang pada tahun ini.

Dengan hilangnya tiga kursi itu, maka PDIP tidak mendapat jatah Ketua DPRD Karawang periode 2019-2023.
Jatah Ketua DPRD direbut Partai Demokrat yang meraih sembilan kursi dengan perolehan 176.435 suara. Padahal pada periode lalu partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini mendapatkan enam kursi.

Selanjutnya Partai Golkar, mengalami penurunan jatah kursi. Periode sebelumnya delapan kursi, tapi pada Pemilu tahun ini hanya meraih tujuh kursi dengan perolehan 149.566 suara.

PBB, Partai Hanura, PPP dan NasDem, masing-masing kehilangan satu jatah kursi. Pada periode sebelumnya NasDem meraih tiga kursi, tapi pada Pemilu ini hanya dua kursi dengan perolehan 64.060 suara.

PPP yang pada periode sebelumnya meraih dua kursi, kini hanya meraih satu kursi dengan memperoleh 46.983 suara. Kondisi yang sama dialami Partai Hanura, sebelumnya dua kursi tapi pada Pemilu 2019 hanya satu kursi dengan perolehan 44.729 suara.

PBB yang sebelumnya tiga kursi, tahun ini hanya dua kursi DPRD Karawang dengan perolehan 34.716 suara. PAN juga demikian, pada periode lalu mendapatkan jatah tiga kursi, kini hanya meraih satu kursi dengan perolehan 55.693 suara.
Sementara PKB, berhasil menambah jatah kursi, dari periode sebelumnya lima kursi kini mendapat jatah tujuh kursi dengan perolehan 134.175 suara.

Partai lain yang mengalami kenaikan perolehan kursi ialah PKS, memperoleh 125.322 suara yang terakumulasi menjadi enam kursi. Padahal sebelumnya, partai ini hanya mengantongi tiga kursi.
Selanjutnya, Partai Gerindra yang pada periode sebelumnya hanya memiliki enam kursi, tahun ini menembus delapan kursi dengan perolehan 186.012 suara.