Klik

Harga Sembako Di Pasar Karawang Mulai Alami Kenaikan


KlikKarawang - Sejumlah barang kebutuhan pokok di pasar baru Karawang naik satu hari sebelum pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) yang telah berlangsung pada 17 April 2019.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang sebut kenaikan harga tersebut masih dianggap wajar. Petugas Mantri Pasar Baru Karawang Udin mengakui adanya kenaikan harga kebutuhan pokok di pasar baru Karawang yang mengalami kenaikan harga terjadi pada 1 hari sebelum pelaksanaan pesta demokrasi.

"Kenaikan rata-rata satu hari sebelum pemilu," kata Udin.

Menurutnya dari pengakuan pedagang yang dikunjungi saat melakukan pendataan harga yang selalu dilaporkan disetiap hari. Kata Udin pedagang sayuran misalnya Apep mengaku adanya kenaikan harga sebelum pemilu itu dikarenakan kurangnya stock untuk pedagang.

"Untuk harga cabe, cengek, bawang merah dan putih harga turun naik, yang lain stabil," ungkapnya.

Saat ditemui dikantornya. Kepala Disperindag Kabupaten Karawang Widjojo mengatakan, adanya naik dan turunnya harga kebutuhan pokok di pasar di nilai wajar.

"(Naik harga) Menjelang pemilu naik teh, sekarang sudah pemilu turun turun lagi kan. Yang jelas mah menjelang ramadhan, menjelang lebaran itu naik pasti itu mah, dipastikan ada kenaikan, tapi tidak semua bahan naik ya," katanya.

Mengenai fungsi dan tugas Disperindag sendiri. Kata Wijojo, dari Indag hanya melakukan pembinaan ke pasar supaya (Barang) harus dijual dengan harga HET, tapi ada barang apa saja, dimana minyak goreng sembako gula, Bawang dan lainnya

Tidak ada komentar