Klik

Calo Tenaga Kerja Diduga Masih "Gentayangan" Di Disnakertrans Karawang


KlikKarawang - Selama beberapa hari terakhir ini beredar kabar terkait masih adanya calo tenaga kerja di lingkungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang. Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari di Karawang mengatakan praktik percaloan dalam rekrutmen tenaga kerja dikabarkan masih "gentayangan" di lingkungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang. 

"Sampai sekarang ini masih ada keluhan para calon tenaga kerja tentang praktik percaloan dalam rekrutmen tenaga kerja," katanya Senin (1/4/2019). 

Kabar percaloan itu sering disampaikan para pencari kerja melalui media sosial.

Atas hal tersebut, Zamakhsyari secara diam-diam menelusuri praktik percaloan di lingkungan Disnakertrans Karawang dengan cara berkeliling ke kantor Disnakertrans Karawang.

Selama sekitar dua jam ia berkeliling di kantor Disnakertrans Karawang dan berbincang-bincang dengan para pencari kerja, tanpa diketahui oleh pejabat Disnakertrans Karawang.

"Hari ini kita belum menemukan oknum calo rekrutmen tenaga kerja-nya. Tapi pada akhirnya kita mengetahui kalau sistem rekrutmen tenaga kerja di Disnakertrans masih manual," ujar dia.

Akibat sistem rekrutmen yang masih manual itu, kantor Disnakertrans Karawang dipadati para pencari kerja yang berasal dari berbagai kecamatan.

"Jauh-jauh mereka ke kantor Disnakertrans Karawang hanya untuk mencari informasi apakah ada lowongan pekerjaan atau tidak. Ini memprihatinkan, bagaimana kalau pencari kerja ini berasal dari wilayah yang jauh ke kota," kata dia. (yan) 

Tidak ada komentar