Klik

Satgas Citarum Harum Selesaikan Masalah Sampah


KlikKarawang - Petugas kebersihan dari UPTD Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) bersama anggota TNI dari Kodim 0604 Karawang dibantu warga membersihkan sampah yang menumpuk di sisi irigasi di Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur. 

Sinergitas bersama TNI dan warga tersebut sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan aliran sungai yang bersih. Kepala UPTD Kebersihan, Luky Mantera mengatakan, kegiatan pemgangkutan sampah tersebut adalah bagian dari program Citarum Harum. Terlihat, sampah sudah menggunung di sisi irigasi, tepat di depan Komplek Perumahan Gading Elok I.

Pengangkutan sampah menggunakan alat berat becko dan truk untuk mengangkut sampah. Mayoritas, sampah yang menumpuk tersebut adalah sampah dari rumah tangga. "Kami bersinergi dengan TNI untuk mensukseskan program Citarum Harum. Dibantu juga warga sekitar," kata Luky. 

Pengangkutan sampah tersebut dilakukan karena kondisi tumpukan sampah di depan perumahan sudah meluber dan mencemari aliran irigasi. Tak hanya itu, tumpukan sampah juga telah menutupi sebagian sisi jalan. "Yang membuang sampah di sini beragam. Tak hanya sampah rumah tangga, tapi sampah dari aktivitas pertokoan atau rumah makan juga ada. Kadang pengendara motor juga buang sampah di sini kalau melintas. Jadi memang perlu adanya kesadaran bagi masyarakat," ujar Luky. 

Sementara, Danramil Kota, Kapten Inf Beneami Hulu mengatakan ke depan pihak TNI bersama dengan pemerintah bersinergi untuk bersosialisasi mengenai kebersihan daerah aliran sungai (DAS). Sesuai intruksi pusat, program Citarum Harum harus benar-benar dilaksanakan, bukan hanya wacana saja.

Tidak ada komentar