Klik

Gagal! Pengalihan Terminal Bus Klari Ke Terminal Cikampek


KlikKarawang - Pengalihan terminal bus dari Terminal Klari ke Terminal Cikampek pada awal Februari 2019 gagal dilakukan. Padahal, Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang melayangkan surat kalau mulai Februari 2019, semua bus Antar Kota Antar Provinsi dan Antar Kota Dalam Provinsi tidak dibolehkan masuk ke Terminal Klari. 

"Sebenarnya (pengalihan terminal bus ini) bukan gagal, tapi masih dalam proses," kata Kepala Dinas Perhubungan setempat Arief Bijaksana Maryugo, di Karawang, Rabu. 

Hal tersebut dilakukan menyusul telah diaktifkannya kembali Terminal Bus Cikampek di wilayah Kecamatan Cikampek, Karawang oleh Kementerian Perhubungan.

Terminal Cikampek akan dioperasikan untuk terminal bus, karena Terminal Cikampek merupakan Terminal Tipe A. Sedangkan Terminal Klari adalah Terminal Tipe C.

Terminal Tipe C itu sendiri hanya boleh difungsikan sebagai terminal angkutan perkotaan (angkot). Sedangkan yang melayani bus ialah Terminal Cikampek.

Tapi hingga saat ini, angkot dan bus bebas keluar-masuk di Terminal Klari dan Terminal Cikampek lebih banyak angkot.

"Untuk sementara ini, kita masih memproses pengalihan terminal bus ini. Kita optimalkan angkot masuk Terminal Klari," kata Arief.

Ditanya tentang target pengalihan terminal bus dari Terminal Klari ke Terminal Cikampek, ia menyampaikan kalau pengalihan itu tidak ditarget.

"Tidak pakai target (kapan pengalihan terminal bus ini terlaksana). Kita terus menyelesaikan saja sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan," kata Arief. 

Tidak ada komentar