Di Rengasdengklok Akan Segera Dibangun RSUD Tipe C

Di Rengasdengklok Akan Segera Dibangun RSUD Tipe C


KlikKarawang -  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) baru dengan tipe C segera dibangun di wilayah Kecamatan Rengasdengklok. Pemerintah Kabupaten Karawang, mengalokasikan anggaran sekitar Rp10 miliar untuk pembelian lahan yang akan dibangun. 

Namun hal ini pemerintah Kabupaten Karawang diminta agar pembangunan RSUD tipe C di wilayah Kecamatan Rengasdengklok memperhatikan tata ruang. "Kami di legislatif sudah mendengar kabar rencana pembangunan RSUD itu. Jadi kami mengingatkan agar pembangunan rumah sakit itu memperhatikan tata ruang," kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Karawang, Endang Jumat (9/11/2018). 

Hal tersebut disampaikan setelah kajian analisis mengenai dampak lingkungan terkait dengan rencana pembangunan RSUD yang baru di Desa Amansari, Kecamatan Rengasdengklok tersebut sudah memasuki tahap klarifikasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kabersihan Karawang.

Anggaran sekitar Rp10 miliar untuk pembangunan rumah sakit tersebut sudah dialokasikan dalam APBD 2018. Anggaran itu hanya baru untuk pembelian lahannya.

Di antara alasan Pemkab Karawang membangun RSUD yang baru ialah untuk melayani masyarakat di wilayah pesisir utara Karawang, sehingga pasien dari berbagai daerah tidak menumpuk RSUD Karawang di wilayah Telukjambe.

"Meskipun RSUD di Rengasdengklok merupakan rumah sakit pemerintah, tapi aturan normatif perizinannya harus ditempuh semuanya," kata dia.(yan)