PT. AHM Sepakat Rekrut Tenaga Kerja Lokal Dengan Syarat

PT. AHM Sepakat Rekrut Tenaga Kerja Lokal Dengan Syarat

Kamis, 20 September 2018


KlikKarawang - PT Astra Honda Motor (AHM) Cikampek diminta menyepakati dalam perekrutan lowongan kerja 60 persen warga Karawang dan 40 persen warga luar Karawang. Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Ketenagakerjaan.  

"Aksi ini merupakan akumulasi kekecewaan masyarakat sekitar lingkungan perusahaan karena selama ini perusahaan merekrut tenaga kerja diluar wilayah Karawang, "kata Deden Darmasyah, koordinator aksi unjuk rasa, usai mediasi dengan pihak Managemen PT AHM,  Kamis (20/9/2018).

Deden Darmansayah mengatakan aksi ini merupakan akumulasi kekecewaan masyarakat setempat akibat perusahaan yang banyak merekrut tenaga kerja diluar wilayah Karawang.

Dalam aksi dan mediasi dengan pihak Managemen PT AHM,  Deden menjelaskan pihak warga yang diwakili 10 kepala desa di kecamatan Cikampek disepakati 3 poin kesepakatan. Dalam kesepakatan pertama pihak Managemen menyepakati dalam perekrutan lowongan kerja 60 persen warga Karawang, 40 persen warga luar Karawang."Hasil kesepakatan di sepakati dalam perekrutan tenaga kerja di PT AHM, 60 persen warga Karawang yang sesuai dengan kriteria perusahaan, sisanya warga diluar Karawang," katanya.

Kesepakatan lainnya, lanjut Deden selama ini perusahaan masih memberlakukan sistem tenaga kerja kontrak. Sehingga setiap satu hingga dua tahun pekerja diputus kontraknya tanpa ada pemberitahuan dan hak-haknya diabaikan. 

"Kesepakatan kedua meminta perusahaan untuk mengangkat tenaga kontak menjadi karyawan tetap sesuai kriteria pihak perusahaan," tandasnya.

Lanjut Deden, perusahaan juga diminta untuk meninjau ulang pemutusan kontrak sepihak yang selama ini dilakukan perusahaan. Karena selama ini banyak warga Karawang yang sudah bekerja diputus sepihak padahal selama menjadi karyawan kontrak dianggap baik dan sesuai aturan yang berlaku di perusahaan .

"Saya harap perusahaan untuk meninjau ulang aturan yang berlaku di perusahaan ," tutupnya. (nan)