Klik

Pembangunan Di Karawang Disebut Berjalan Baik Dan Merata


KlikKarawang - Pemerintah Kabupaten Karawang mengklaim  perencanaan hingga realisasi pembangunan di Karawang sudah sesuai dengan usulan-usulan yang muncul dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). 

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Karawang menyatakan hal itu karena tahap perencanaan hingga realisasi pembangunan di daerah tersebut sudah berjalan dengan baik, sesuai ketentuan yang berlaku.

"Dari segi perencanaan hingga realisasi pembangunan, sudah berjalan baik dan merata," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karawang Eka Sanatha. 

Selain disesuaikan dengan hasil Musrenbang, perencanaan dan pembangunan di Karawang juga disesuaikan dengan laporan hasil reses para anggota DPRD Karawang.

"Jadi sudah jelas kalau perencanaan hingga pembangunan di Karawang sudah baik berdasarkan ketentuan dalam Permendagri Nomor 86 tahun 2017," kata EKa.

Mengenai program-program unggulan Pemkab Karawang, ia menyebutkan cukup banyak program unggulan pemkab. Tapi yang telah terealisasi sesuai catatan Bappeda itu ialah delapan program unggulan.

Delapan program itu di antaranya program peningkatan akses dan kualitas pendidikan dan kesehatan. Indikator sasaran dalam program ini ialah meningkatkan indeks kesehatan, indeks pendidikan serta sebagai upaya meningkatkan indeks pembangunan manusia.

Program unggulan lainnya, pemantapan penyelenggaraan pemerintah kabupaten, pemerintah desa dan pembangunan desa.

Selain itu,  penurunan angka pengangguran dan perlindungan ketenagakerjaan, peningkatan ekonomi masyarakat termasuk peningkatan kesejahteraan petani dan nelayan, serta meningkatkan peran swasta melalui kebijakan investasi dan CSR, masuk dalam kategori program unggulan pemkab.

Menurut Eka, pemkab juga memperhatikan peningkatan kualitas infrastruktur dan penataan perkotaan serta meningkatkan upaya pengelolaan lingkungan hidup, sanitasi, pengurangan resiko bencana serta pengelolaan sumber daya air. Hal tersebut diperhatikan karena masuk dalam program unggulan.

"Peningkatan pelayanan dan pengembangan kehidupan beragama yang harmonis di Karawang juga menjadi program unggulan," katanya.

Terakhir, program unggulan pemkab ialah melestarikan nilai-nilai sejarah, kearifan dan potensi lokal dalam pengembangan destinasi wisata di Karawang.

"Program-program unggulan ini akan terus ditingkat lagi hingga beberapa tahun ke depan," kata Eka. (sof) 

Tidak ada komentar