Klik

Gramedia Dan Pemkab Karawang Dorong Minat Baca Lewat Smart Library


KlikKarawang -  Smart library yang diusung oleh Gramedia Digital Nusantara merupakan aplikasi perpustakaan digital yang memudahkan masyarakat, khususnya komunitas di sekolah untuk mengakses informasi, mendorong minat baca, meningkatkan kompetensi dan mutu dalam bidang pendidikan.

Karawang menjadi salah satu kota yang setuju untuk menggunakan smart library ini dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di kotanya.

Bupati Karawang dr Hj Cellica Nurrachadiana mengaku sepakat untuk menerapkan Smart Library di 157 SMP di Kabupaten Karawang.

Hal ini diungkapkan Cellina dalam acara Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Kabupaten Karawang pada Senin (24/9/2018).

"Saya sepakat, karena di era digitalisasi ini suka tidak suka harus menggunakan teknologi informasi," kata bupati.

Cellica menambahkan bahwa smart library ini diinisiasi oleh pihak Gramedia. Pihaknya menerima inisiasi ini karena dinilai positi

Bupati mengharapkan dengan kehadiran smart library dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Karawang, khususnya di tingkat SMP.

Tidak hanya itu, Cellica berharap pengetahuan anak didik lebih berkembang dan bisa lulus sekolah dengan nilai yang lebih baik.

Bukan hal yang sulit dinilai oleh Bupati Cellica Nurrachadiana ini untuk menerapkan smart library ke sekolah-sekolah di Karawang. Terlebih di setiap sekolah telah disediakan komputer.

"Saya rasa ini kesempatan baik. Tinggal kita bicarakan bagaimana teknisnya. Apakah dana PMMS bisa digunakan atau tidak, dan bagaimana respon temen-temen kepala sekolah. Atau 500 akun dulu, kan bisa dishare kepada yang memerlukan," katanya.

Irawan Sukma, Vice General Manager Gramedia mengatakan dalam rangka peningkatan minat baca dan literasi digital maka PT Gramedia bekerjasama dengan Gramedia Digital Nusantara mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa dipakai secara gratis oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Sehingga dapat dengan mudah mengakses konten digital yang berkualitas dan bermutu.
Konten digital ini bisa berupa eBook, eNewspaper dan eMagazine.

"Sebuah kehormatan bisa bekerjasama dengan Pemkab Karawang untuk mewujudkan cita-cita luhur bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Semoga inisiatif ini bisa disambut baik oleh masyarakat Karawang dan juga kabupaten lainnya di Indonesia," kata Irawan Sukma.

Sarjito, selaku VP Business and Relation Gramedia Digital Nusantara menyampaikan saat ini Gramedia Digital sudah bekerjasama dengan lebih dari 700 penerbit di Indonesia dan luar negeri.

Konten-konten tersebut bisa dinikmati dengan mudah di smartphone masing-masing.
Diharapkan dengan konten yang semakin kaya akan meningkatkan minat baca dalam rangka memperbaiki mutu pendidikan Indonesia.

Tidak ada komentar